Pengakuan Agnez Mo, Kenapa Nama Belakang Ayah "Muljoto"

Artis Agnez Mo berpose usai bertemu Presiden Joko Widodo di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat, 11 Januari 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Sampai hari ini, penyanyi yang sudah go international, Agnez Mo, masih ramai diperbincangkan. Hal ini lantaran ucapannya dalam acara BUILD Series di New York, Amerika Serikat, yang dianggap tidak bangga jadi Warga Negara Indonesia.

Presenter dalam acara tersebut bertanya kepada Agnez soal keberagaman Indonesia, kemudian bertanya perihal kenapa Agnez terlihat berbeda dengan orang Indonesia pada umumnya. Saat itu, Agnez menjawab kalau dia tidak punya darah Indonesia.

Pernyataan pelantun Overdose tersebut langsung jadi ramai. Banyak pihak yang menganggap kalau Agnez Mo tidak nasionalis, bahkan tidak mengakui bahwa dia adalah orang Indonesia.

Melalui channel Youtube Deddy Corbuzier, Agnez Mo angkat bicara dan mencoba mengklarifikasi. Penyanyi 33 tahun ini kembali menegaskan bahwa dia memang tidak memiliki garis keturunan Indonesia sama sekali, baik dari ibu ataupun sang ayah.

"Iya enggak ada (keturunan Indonesia). Nah itu makanya kenapa saya bilang, enggak mungkin saya ngomong saya orang Jawa atau saya ada darah Melayu atau gimana. Karena memang i don't have it. Tapi konteksnya itu DNA atau darah, itu kan enggak bisa saya pilih," ujarnya, dalam tayangan channel YouTube Deddy Corbuzier.

Penegasan kembali diutarakan oleh wanita bernama lengkap Agnes Monica Muljoto ini. Dia mengatakan, di mana pun, dia selalu bilang kalau dia orang Indonesia dan Warga Negara Indonesia. Setelah itu, Agnez Mo mencoba menjelaskan tentang Indonesian blood.

"Tujuan Indonesian blood itu kan hanya konteksnya aja. Konteksnya adalah saya lagi ngomong garis keturunan. Jadi jangan samain antara garis keturunan biologically sama warga negara," ucapnya tegas.

Tidak percaya dengan pengakuan Agnez yang tidak memiliki garis keturunan Indonesia, Agnez Mo turut menceritakan bahwa pernah ada seseorang yang mempertanyakan nama orangtuanya yang seperti nama Jawa. "Itu kan nama bapakmu itu Muljoto, itu lo pasti ada Jawa-nya," kata dia.

Atas pernyataan tersebut, Agnez Mo memberi penegasan.  

"Buat orang-orang yang lebih tahu silsilah keluarga saya dibanding saya sendiri, nih biar saya kasih pencerahan. Pada zamannya, orang harus ganti nama. Yang namanya Chinese yang tiga nama itu, ada nama marga Chinese, itu harus diubah menjadi nama yang lebih Indonesia. Karena ada beberapa kebutuhan yang memang mengharuskan mereka untuk mengganti," tuturnya.

Penyanyi yang melejit namanya berkat perannya di sinetron Pernikahan Dini ini menyatakan kalau nama 'Muljoto' itu bukan pemberian dari kakek atau nenek moyangnya. Namun, nama tersebut diubah oleh ayahnya sendiri.