Dispatch Bongkar Kasus Kang Daniel di The Show

Kang Daniel
Sumber :
  • YMC Entertainment

VIVA – Beberapa waktu lalu artis Korea Kang Daniel mengunggah curahan hatinya di fancafe resmi miliknya. Dalam unggahan itu Kang Daniel menjelaskan bagaimana dirinya berjuang melawan rumor palsu dan komentar negatif dari para netizen. Salah satunya yang terbaru soal kemenangannya dalam The Show. 

Pada episode The Show yang ditayangkan pada 3 Desember lalu, single Kang Daniel berjudul "Touchin" berada di posisi pertama dengan skor total 6.195. Sedangkan  ASTRO" dengan single "Blue Flame" dan "Come See Me" dari AOA masing-masing menerima skor 5.950 dan 3.830.

Netizen mengklaim pertunjukan itu dimanipulasi oleh Kang Daniel. Netizen mempertanyakan bagaimana Kang Daniel dapat menerima skor sempurna 4000 poin di bagian penjualan digital dan penjualan album fisik padahal "Touchin" adalah single digital dan karenanya harus memiliki skor penjualan album fisik nol.

Terkait dengan hal imi, Media Korea Dispatch akhirnya merilis laporan penyelidikan terhadap kasus tersebut. Dari hasil penyelidikan Dispatch terhadap masalah ini diketahui tidak menunjukkan adanya masalah dengan penghitungan skor untuk "The Show" yang ditayangkan pada 3 Desember lalu. 

Menurut data yang dikumpulkan oleh Gaon Chart dari 23 November hingga 29 November skor Kang Daniel empat kali lebih tinggi daripada AOA. Dispatch, kemudian membagikan data dari Gaon yang menunjukkan bahwa single "Touchin" Kang Daniel memiliki poin digital pada Gaon sebesar 48.728.828 sementara AOA "Come See Me" memiliki poin sebesar 10.877.791 dan "Blue Flame" ASTRO memiliki poin sebesar 6.941.875.

Selain itu, dari data Gaon untuk Youtube, skor single "Touchin" Kang Daniel adalah sebesar 2.024.601, "Come See Me" memiliki skor 2.718.739 sedangkan "Blue Flame" memiliki skor 3.773.435.

Sebuah sumber dari "The Show" mengonfirmasi bahwa mereka menggunakan skor digital dari Gaon.  "The Show" tidak dapat menyentuh data itu. 

"Tampaknya ada kesalahpahaman setelah beberapa penggemar membuat perbandingan dengan grafik Melon," kata sumber itu seperti dikutip dari laman Soompi. 

Sebuah sumber dari Gaon menyatakan bahwa pihaknya tidak mengumpulkan peringkat grafik dari perusahaan musik tertentu seperti Melon.

"Kami menerima total data pada unduhan dan streaming dari 12 perusahaan platform musik. Indeks Gaon dihitung dari data itu.  Streaming dan unduhan diberi bobot yang berbeda," ujar sunber itu. 

Karena beberapa penggemar menunjukkan bahwa Kang Daniel tidak memiliki rilis fisik untuk single ini dan karena itu tidak memiliki poin dari itu, Dispatch bertanya kepada sumber dari "The Show" dan Gaon tentang ini.  Mereka mengkonfirmasi bahwa skor fisiknya nol, namun mereka mengklarifikasi bahwa skor digitalnya jauh lebih tinggi, yang tercermin dalam peringkatnya di "The Show."

Sebelumnya, sebuah sumber dari "The Show" menyatakan kepada Sports Chosun, mengatakan bahwa pihaknya telah melihat kontroversi yang ada di masyarakat terkait hal tersebut. Sumber itu menjelaskan bahwa skor pada ‘The Show’ terdiri dari 10 persen penjualan album fisik dan 40 persen penjualan digital.  Karena lagu baru Kang Daniel "Touchin" adalah single digital, maka benar bahwa skor penjualan album fisik adalah nol.  

Namun, menurut perhitungan penjualan digital kami sendiri, Kang Daniel menerima skor yang jauh lebih tinggi daripada AOA atau ASTRO dan diberi 4000 poin.  

"Dengan demikian, benar bahwa Kang Daniel adalah No. 1. Tidak ada masalah dengan hasilnya," kata sumber itu.