Akibat Rokok, Gitaris The Rolling Stones Derita Kanker Paru

Konser The Rolling Stones.
Sumber :
  • REUTERS/Ron Modra

VIVA.co.id – Gitaris The Rolling Stones, Ronnie Wood, divonis menderita penyakit kanker paru pada Mei 2017 silam. Kini ia telah dioperasi dan rutin menjalani check-up.

Wood menjalani operasi selama lima jam demi mengatasi penyebaran sel kanker. Dalam sebuah wawancara, ia bahkan telah mempersiapkan salam perpisahan bila operasinya gagal.

"Aku mengalami satu minggu yang pelik dan rasanya seperti sudah di ujung jalan. Waktunya untuk mengucapkan selamat tinggal kurasa," ujarnya, dilansir dari NME, Senin, 7 Agustus 2017.

Ia merasa bersyukur karena kondisinya mulai membaik dan menunjukkan kemajuan. Penyakit ini diduga muncul akibat kebiasaan Wood merokok selama 50 tahun ke belakang.

"Aku sempat berpikir, apakah tubuh ini baik-baik saja dengan kebiasaan buruk tersebut. Akhirnya aku pergi memeriksakan diri pada dokter," kata Wood.

Wood memastikan kini membaik dan akan menjalani pemeriksaan rutin. Ia berhenti merokok sejak tahun 2016 silam.

Selain rokok, Wood pun tengah berupaya menghentikan kebiasaannya meminum alkohol. Dengan kondisi tubuh  yang mulai membaik pascaoperasi, Wood direncanakan ikut dalam tur Eropa The Rolling Stones pada September 2017 mendatang.