Cerita Miris Dorce Gamalama, Manggung Tidak Dibayar

Dorce Gamalama
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

VIVA – Siapa yang tidak mengenal Dorce Gamalama, artis kelahiran Solok, Sumatera Barat itu memulai karier keartisannya pada tahun 1990an dan terkenal hingga saat ini.

Ternyata, meski telah sukses di dunia hiburan Tanah Air, Dorce memiliki masa lalu yang sangat sulit terutama pada saat ia meraih kesuksesan di dunia hiburan. Kepada media, pemain film Hantu Biang Kerok menjelaskan bahwa ia bukanlah seorang artis instan.

“Perjalanan hidup saya memang enggak semudah itu ya dan saya juga bukan artis instan ya tapi saya adalah artis yang betul-betul dari bawah perjuangannya. Saya umur 7 tahun sudah nyanyi itu di dekat Harmoni. Di situ saya mulai bernyanyi dari umur 7 tahun,” kata Dorce di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa, 25 Desember 2018.

Tidak hanya itu saja, di awal-awal perjalanan kariernya, wanita yang akrab disapa Bunda itu bahkan pernah tidak dibayar sama sekali ketika manggung. Namun semua itu tetap ia nikmati dan syukuri.

“Saya tidak menghilangkan beberapa orang yang berjasa tapi tentu dengan perjuangan saya sendiri terutama bagaimana saya mengikuti acara-acara nyanyi satu panggung sana sini dibayar Rp2500, dikasih nasi doang pernah, enggak dibayar juga pernah dan saya menikmati itu,” katanya.

Menurut Dorce, ia sudah ditinggal kedua orang tua ketika masih kecil. Ditambah lagi tidak ada orang terdekat yang mau mengurusnya, sehingga mau tidak mau ia harus terbiasa hidup kuat dan mandiri sejak kecil.

“Karena saya dari umur tiga bulan ditinggal ibu, umur setahun ditinggal bapak. Jadi saya enggak punya saudara yang betul-betul mengayomi saya sebagai adik,” ucapnya. (dum)