Lestarikan Budaya Jawa Lewat Lantunan Musik Klasik

Budaya Jawa dalam Musik Klasik
Sumber :
  • Viva.co.id/Anisa W

VIVA – Duo pianis asal Prancis, Pascal dan Ami Roge, memainkan musik tradisional Jawa yang dikemas ke dalam piano klasik dari beberapa karya musisi ternama dunia dalam Heritage Concert yang diselenggarakan The Grand Signature Piano di Gedung Kesenian Jakarta.

Heritage Concert memilih musik tradisional Jawa dengan tujuan untuk mengangkat budaya dan juga potensi wisata yang ada di Tanah Air kepada internasional, dari karya-karya tradisional yang pernah dikaryakan musisi ternama dunia seperti Claude Debussy, Maurice Ravel dan Colin McPhee lewat alunan piano klasik Pascal dan Ami Roge.

"Konser ini adalah kali pertamanya di mana kehadiran duo pianis asal Prancis Pascal dan Ami Roge, seakan menjadi sebuah momen yang tepat untuk merayakan keindahan asimilasi budaya timur dan barat," kata Ketua Komite Heritage Concert Series, Helen Gumanti.

Menurutnya, Heritage Concert Series ini merupakan sebuah rangkaian pertunjukan dengan dua keluaran. Selain konser itu sendiri, kegiatan ini akan selalu diikuti oleh sebuah video dokumenter yang membahas kajian berkenaan dengan tema dan situs warisan budaya yang sedang dijadikan sorotan.

Seluruh rangkaian kegiatan ini akan diunggah sebagai sebuah saluran dokumenter yang dapat diakses oleh publik dari berbagai penjuru dunia.

Helen berharap, dengan diselenggarakannya konser ini, anak negeri dapat lebih mengenal kekayaan warisan budaya bangsanya dan semoga dengan Heritage Concert Series ini, Indonesia lebih mendapatkan sorotan di mata dunia.

Sebagai informasi, Pascal dan Ami Roge merupakan pasangan suami istri yang menikmati permainan piano empat tangan secara bersama. Mereka berkeliling dunia dan tampil pada berbagai festival dan konser musik tenama.

Pascal Roge sendiri lahir di Paris. Ia pernah menjadi murid piano di Paris Conservatory, serta pernah dimentori oleh Julius Katchen dan The Great Nadla Boulanger. Sedangkan Ami Roge merupakan pianis Prancis berdarah Indonesia.

Sebagai salah satu artis rekaman ternama, Pascal Roge telah memperoleh banyak penghargaan bergengsi. Mulai dari Gramophone Awards, a Grand Prix du du Disque and Edison Award atas interprestasinya dari karya The Ravel dan Saint-Saens Concerti bersamaan dengan karya penuh dari Ravel, Poulenc dan Satie. (ase)