Penyanyi Rock Legendaris Eddie Money Tutup Usia

Eddie Money
Sumber :
  • Variety

VIVA – Penyanyi dan penulis lagu kenamaan Eddie Money dikabarkan meninggal pada Jumat 13 September kemarin. Money yang terkenal dengan lagu hitsnya seperti Baby Hold On, Two Tickets to Paradise, Shakin dan Take Me Home Tonight ini meninggal di usia 70 tahun. 

Kabar kematian Money pun disampaikan oleh pihak keluarga melalui surat pernyataan. Pihak keluarga pun menyebut Money meninggal pada Jumat pagi kemarin. Money sendiri meninggalkan seorang istri dan lima anak, Jesse Money, dan Zachary, Joseph, Desmond dan Julian. 

“Keluarga Money mengumumkan bahwa Eddie meninggal dunia dengan damai pagi ini. Dengan hati yang berat kami mengucapkan selamat tinggal kepada suami dan ayah kami yang pengasih. Kita tidak bisa membayangkan dunia ini tanpanya. Kami bersyukur bahwa ia akan hidup selamanya melalui musiknya,” tulis keterangan keluarga. 

Money baru-baru ini mengungkapkan bahwa ia telah didiagnosis menderita kanker esofagus stadium 4. Hal ini terungkap dalam serial televisi realitas tentang money dan keluarganya, yang berjudul'Real Money'. Reality show yang telah ditayangkan di AXS TV mulai bulan April 2018 ini menggambarkan potret hidupnya di rumah, di jalan dan bersama keluarganya, serta perjuangan kesehatannya. 

Terlahir sebagai Edward Joseph Mahoney di Brooklyn, New York, Money, yang tumbuh di Long Island, awalnya bekerja dalam bidang penegakan hukum, dan menghabiskan waktu dua tahun sebagai petugas kepolisian Kota New York sebelum memutuskan untuk mencoba terjun di musik. 

Setelah itu dia pindah ke Berkeley, California, di sana dia bergaul dengan musisi lokal dari klub San Francisco yang membawanya ke promotor legendaris Bill Graham, yang ditemui Money pada tahun 1976.

Graham sendiri merupakan manajer Money yang membantunya mencapai album multi-platinum penjualan pada 1980-an. Beberapa lagu yang hits kala itu antara lain Baby Hold On dan Two Tickets to Paradise pada tahun 1978.

Kemudian tahun 1979 diikuti oleh Maybe I a Fool, Think I'm in Love dan Shakin. Pada tahun 1982 ada Take Me Home Tonight, pada tahun 1986 yang mencapai No.4 lagu charting tertinggi) dan Walk on Water pada tahun 1988.

Selama dekade-plus itu, Money juga diketahui menjadi pecandu narkoba dan alkohol. Dia juga dikabarkan hampir meninggal karena overdosis yang membuatnya tidak bisa berjalan selama satu tahun.

Namun setelah itu, Money akhirnya bekerja kembali ke live show, dengan tampil dalam acara  “Oprah: Where Are They Now?” di tahun 2016.  Dari situ, tawaran tayangan Real Money, datang kepadanya dan memulai debutnya di AXS TV pada tahun 2018 dan berada di musim kedua.

Kepergian Money ini juga memberikan duka bagi pendiri AXS TV, Mark Cuban, pendiri AXS TV. Cuban pun menggambarkan sosok Eddie sebagai legenda Rock dengan lagu hitsnya yang bertahan lama. Cuban juga menggambarkan Money sebagai sosok yang humoris. 

“Selera humornya yang unik membuat dia langsung disenangi banyak orang. Kami dengan tulus menikmati bekerja dengannya dan seluruh keluarga berbakatnya di reality show-nya Real Money," ujar Cuban.

Ia juga mengucapkan belasungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan.

"Kami juga menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada istrinya, Laurie; anak-anak mereka Zach, Jesse, Joe, Dez dan Julian; dan banyak temannya selama masa sulit ini. Dia akan sangat dirindukan oleh semua orang yang mengenal dan mencintainya. Tetapi, jika kita mengenal Eddie, dia sedang bergoyang di surga, melakukan apa yang selalu dia cintai."