Band Kotak Sukses Hibur Penonton di Pesta Rakyat KBRI Tokyo

Band Kotak di Jepang.
Sumber :
  • VIVA/Andylala (Jepang)

VIVA – Band Kotak menjadi penampil pamungkas di panggung Pesta Rakyat Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, Minggu, 15 September 2019 lalu di Taman Kansai (Kasai Rinkai Park) di Edogawa-ku, Tokyo, Jepang.

Sang vokalis, Tantri Syalindri Ichlasari yang akrab disapa Tantri mengatakan, untuk penampilan kali ketiga ini Kotak tampil semangat dan sangat apresiatif dengan penonton yang sangat antusias.

"Kami manggung di Jepang sudah tiga kali. Tahun 2012 waktu di Roponggi kita akustikan karena lokasinya enggak bisa pake sound yang terlalu keras. Jadi yang kali ini kita tambah semangat. Penontonnya juga apresiatif banget ya,” kata Tantri saat ditemui seusai menggung.

Hal senada diungkapkan Gitaris Kotak, Mario Marsella alias Cella yang merasakan semangat dari Kotak tampil maksimal dalam Pesta Rakyat KBRI Tokyo.

"Kali ini kami berasa all out ya. Ya pokoknya mantap jiwa lah. Tahun depan kami siap lah lagi main di Jepang,” kata Cella.

Sementara Swasti Sabdastantri alias Chua bassist Kotak merasakan suasana haru dalam penampilan kali ini. Ia berharap penampilan Kotak bisa mengobati rasa rindu masyarakat Indonesia kepada Indonesia.

"Rasa yang beda itu kali ini kami liat antusias penonton Indonesia di sini. Terharu juga kita tadi.  Mereka tinggal jauh dari rumah di Indonesia,  makanya kita coba obati rasa kangen mereka terhadap Indonesia,” ungkap Chua.

Menariknya, Kotak juga mengatakan akan membuat lagu yang berkisah tentang orang-orang Indonesia yang beraktivitas di luar negeri. Cella menjelaska,n dalam waktu dekat Kotak akan merilis lagu itu.

"Kita rencana mau keluarin single yang temanya orang-orang Indonesia yang jauh dari rumah. Masih dirahasiakan tentunya,” terang Cella.

Tantri berharap single ini bisa mengobati rasa kangen orang Indonesia yang tinggal di luar negeri.

"Temanya lebih mirip rasa keikhlasan dia tinggalkan rumah demi tujuan tertentu. Mungkin bisa cocok dengan teman-teman ini yang jauh dari Indonesia. Semoga bisa terobati dengar lagu itu. Tungguin aja,” ujar Tantri.

Sedangkan Wakil Kepala Perwakilan RI untuk Jepang, Tri Purnajaya berpendapat bahwa Kotak tampil sangat maksimal dalam Pesta Rakyat KBRI Tokyo.

"Sebagai band papan atas, penampilan Kotak yang luar biasa menurut saya sangat menghibur dan mengobati kerinduan kampung halaman Indonesia,” ata Tri.

Atase Perhubungan KBRI Tokyo Syamsu Rizal selaku Ketua Panitia Pelaksana HUT RI ke 74 KBRI Tokyo turut menjelaskan, acara Pesta Rakyat  merupakan kegiatan terakhir dari peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 74. Masyarakat merayakannya melalui penampilan musik, budaya serta juga kuliner indonesia.

"Dan sebagai puncak kegiatan ini adalah penampilan band Kotak yang membawa suasana kegembiraan dan persatuan," jelas Syamsu.

Kegiatan ini juga dinikmati oleh masyarakat Jepang yang menikmati acara panggung dan mencicipi kuliner Indonesia. Syamsu mengapresiasi kerja sama yang baik antara KBRI Tokyo dengan elemen masyarakat Indonesia di Jepang, pihak swasta dan panitia penyelenggara acara.  

Selama hampir dua jam Kotak sukses menggetarkan panggung Pesta Rakyat KBRI Tokyo. Saat menghadirkan lagu  Terbang (Khayal), Tantri menunjukkan kelasnya dengan kekuatan vokalnya yang bertenaga. Chua dan Cella mengiringi aksi panggung Tantri sambil beradu permainan bass dan gitar.

Lagu Growing Up yang merupakan soundtrack film Gundala juga sukses menghentak 700-an orang lebih masyarakat Indonesia yang bermukim di Jepang dalam acara Pesta Rakyat KBRi Tokyo. (rna)