Mimpi Besar Si Gadis Desa, Biografi Vokalis Roxette Marie Fredriksson

Vokalis Roxette, Marie Fredriksson
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Kabar duka datang dari Swedia. Vokalis wanita band era 80-an, Roxette, yakni Marie Fredriksson meninggal dunia usai mengalami sakit.

Dilansir dari Mirror, Selasa 10 Desember 2019, pada 2002 Marie didiagnosa menderita tumor otak. Sejak saat itu, ia terus mengikuti proses pengobatan. Nama Marie mulai dikenal sejak dirinya bersama Per Gessle membentuk Roxette pada 1986. 

Dalam waktu singkat, dua penyanyi tersebut sukses menembus papan atas musik internasional. Ada 19 lagu mereka yang kerap masuk dalam 40 daftar lagu terbaik.

Beberapa lagu andalan mereka, yakni It Must Have Been Love, Listen to Your Heart, Joyride, dan How Do You Do banyak diputar di radio di seluruh dunia.

Lalu seperti apa perjalanan karier dari Marie? Dilansir dari laman top 40 chart, Marie Fredriksson merupakan anak bungsu dari lima bersaudara yang lahir pada 30 Mei 1958 di Össjö, kota kecil di Swedia. Di tengah lingkungannya yang masih kental dengan nuansa pedesaan, Marie kecil mulai tertarik dengan dunia entertainment. Dirinya sering berdiri di depan cermin berpura-pura menjadi bintang.  

Bersama dengan saudara-saudaranya, atau anak-anak tetangga, Fredriksson mulai bermain musik dan bernyanyi.  Dia sering diminta oleh ibunya untuk tampil di depan teman-teman yang terkesan dengan suara nyanyiannya yang seperti Olivia Newton-John.

Ketertarikannya semakin kuat pada masa remajanya ketika dia menemukan artis seperti Joni Mitchell, The Beatles dan Deep Purple.  Pada usia 17, Fredriksson mendaftar di sebuah perguruan tinggi musik dan tampil di teater lokal. 

Dirinya sempat pindah ke kota Halmstad, dan kemudian terlibat dalam kancah musik lokal.  Bergabung dengan band Stefans pacarnya, Strul, mereka memainkan pertunjukan lokal dan bahkan merekam satu lagu.  Setelah kelompok itu terpecah, Marie dan pacar baru Martin Sternhuvsvud direformasi sebagai MaMas Barn.  

Mereka merekam satu album bersama. Per Gessle, penyanyi utama grup Swedia terkenal Gyllene Tider, berbagi studio latihan dengan Marie dan mereka menjadi teman. Per percaya bahwa Fredriksson terlalu berbakat untuk bersembunyi di balik papan ketik di band-band pub lokal, dan memberinya audisi dengan produsernya, Lasse Lindbom yang sangat terkenal di Swedia. Lasse terkesan dengan suaranya, dan menawarinya kontrak.

Lasse Lindbom meminta Fredriksson untuk merekam duet dengannya, "Så nära nu," yang membuatnya bergabung dengan grupnya "The Lasse Lindbom Band."  Per Gessle mulai mendorongnya untuk memulai karier solo,  dia merekam album solo pertamanya, Het vind, yang diproduksi oleh Lindbom.

"Ännu doftar kärlek" adalah single pertama, yang menjadi hit di radio besar. Album ini menerima ulasan beragam. Dia melakukan tur dengan Lasse Lindbom Band, karena dia tidak memiliki cukup rasa percaya diri untuk melakukan tur sendiri. Lindbom, Fredriksson, Per Gessle, dan Mats "MP" Persson memulai sebuah band baru bernama "Spännande Ostar" ("Exciting Cheeses"), yang melakukan tur untuk waktu yang singkat di beberapa klub.  Pada tahun yang sama, Fredriksson dan Lindbom pergi ke Kepulauan Canary untuk menulis lagu untuk album solo kedua Marie. Mereka kembali ke Swedia untuk rekaman.

Album ini dirilis pada tahun 1986, dengan nama "Den Sjunde Vågen".  "Den bästa dagen" dan "Silver i din hand" dirilis sebagai single, dan album ini sukses besar, dan Fredriksson akhirnya menemukan keberanian untuk melakukan tur sebagai artis solo.

Mulai dari Roxette dan Efter stormen

Pada tahun 1989, Roxette kembali ke studio dan merekam album kedua, Look Sharp!  yang sekali lagi mengembalikan mereka ke tangga lagu di Swedia.  Namun, Roxette kemudian mendapat hit nomor satu yang tak terduga di AS dengan "The Look" pada April 1989. 

Pada tahun 1992 Fredriksson kembali ke karier solonya, merekam pencarian jiwa "Den ständiga resan." Den ständiga resan adalah potret diri musikalnya dan ditulis seperti buku harian, berisi lagu-lagu yang sangat pribadi tentang kehidupan, perasaan, dan hubungannya.

Pada tahun 1996, Fredriksson merekam album balada dalam bahasa Spanyol bersama Roxette dan album solo baru "I en tid som vår". Pada tahun 1998 dan 1999, Fredriksson bekerja dengan Gessle di album Roxette Have A Nice Day.  Pada tahun 2000 Fredriksson merilis album hit terbesar dengan judul Äntligen - Marie Fredrikssons bästa 1984-2000. Album hingga saat ini telah terjual lebih dari 350.000 - dua single lagi dirilis dari album, "igenntligen" dan "Det som var nu".

Pada 11 September 2002, Fredriksson pingsan di kamar mandinya dan mengalami gegar otak. Dari hasil ct scan menunjukkan bahwa Fredriksson memiliki tumor otak di bagian belakang kepalanya. Setelah menunggu beberapa minggu agar gegar otaknya mereda, ia menjalani operasi yang berhasil untuk mengangkat tumor.  

Karena tumor yang diidapnya ganas dia kemudian menjalani kemoterapi berbulan-bulan dan perawatan radiasi. Dia menerima kerusakan permanen pada otaknya, kehilangan kemampuan membaca dan berhitung, penglihatan di mata kanannya, dan beberapa kehilangan gerakan di sisi kanannya. Di tengah perjuangannya mengahadapi kanker. 

Pada Januari 2003, Roxette dianugerahi 'Medali Kerajaan dengan Pita Biru' oleh Raja Swedia Carl Gustaf XVI. Upacara adalah acara pertama di mana Fredriksson muncul setelah operasinya. Ini adalah salah satu dari sedikit penampilan publik yang dibuat selama sakitnya. Dia kemudian menarik diri dari mata publik selama hampir dua tahun.

Pada tahun 2006 Fredriksson kembali dengan CD baru lagu-lagu sampul Swedia yang disebut Min bäste vän (Sahabatku) pada bulan Februari.  Single pertama yang dirilis dari album sampul ini adalah lagu "Sommaräng" oleh artis Swedia John Holm. "Ingen kommer undan politiken" adalah single kedua yang keluar dari album akhir tahun itu (tetapi hanya sebagai CD promosi).

Selama sakitnya, Fredriksson menemukan kembali kecintaannya menggambar. Meskipun dia tidak bisa lagi membaca atau menulis, menggambar adalah satu hal yang masih bisa dia lakukan dan dia menemukan gairah yang nyata untuk itu.  

Dan untuk pertama kalinya dia memamerkan koleksi gambarnya di sebuah galeri yang berjudul "After The Change".  Vernissage di galeri Doktor Glas di Kungsträdgården dan menampilkan 24 gambar dari tanggal 21-30 Oktober.  Kemudian dia merilis buku After the Change, menampilkan cetak ulang dari semua 24 sketsa.