3 Syarat dari Pemprov DKI, DWP Akhirnya Digelar di Jakarta

Suasana panggung DWP 2017 di JIExpo Kemayoran
Sumber :
  • Dok. VIVA/ Maria

VIVA – Gelaran musik Djakarta Warehouse Project atau DWP digelar mulai hari ini, 13 Desember 2019. Acara yang dihelat 13, 14 dan 15 Desember 2019 di JiExpo Kemayoran, Jakarta ini sempat menuai kontroversi.

Banyak yang protes dengan digelarnya acara musik ini. Apalagi saat ini, acara musik tersebut digelar di Jakarta. Namun, mengenai hal ini, Pemprov DKI Jakarta telah memberikan izin. Ada beberapa pertimbangan, mengapa DWP akhirnya diizinkan digelar di Jakarta.

Ada tiga syarat yang diberikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kepada pihak penyelenggara Djakarta Warehouse Project (DWP), agar acara tersebut bisa digelar di Jakarta.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) DKI Alberto Ali, ketiga syarat tersebut yaitu patuh hukum, patuh nilai budaya, serta bebas narkoba.

Pihak panitia pun menyanggupi untuk mengikuti segala aturan yang dikeluarkan Pemprov DKI Jakarta. "Panitia juga berjanji kepada Pemprov DKI Jakarta untuk memastikan kegiatan tersebut bebas dari penggunaan narkoba dan zat adiktif lainnya," ujar Alberto melalui video di Instagram resmi DKI, @dkijakarta, dikutip dari laman VIVAnews.

Alberto menyampaikan, pada dasarnya, pemprov DKI Jakarta mendukung segala bentuk kegiatan yang positif, apalagi Jakarta merupakan kota internasional, Jakarta tepat jadi lokasi digelarnya ajang-ajang budaya dan kesenian. DWP merupakan festival musik EDM atau electronic dance music yang akan dilaksanakan di JIExpo Kemayoran, pada 13 hingga 15 Desember 2019.

Tapi, tetap, penyelenggara wajib mematuhi aturan yang ada. Harus bertindak tegas, Pemprov DKI pun mengancam segera bertindak dengan mencabut izin acara jika ada pelanggaran. "Pemprov DKI Jakarta memiliki kewajiban untuk menjaga nilai dan norma budaya yang disepakati secara umum oleh warga Jakarta, apapun latar belakangnya," ujar Alberto.

Karena telah mengantongi izin dari Pemprov DKI Jakarta hari ini, 13 Desember 2019, deretan musisi bakal tampil di DWP. Mulai dari Martin Garrix, Zedd, Barong Family, hingga Dash Berlin akan tampil malam ini di JIEXPO Kemayoran Jakarta.