Sepak Terjang Robby Tumewu Bersama Lenong Rumpi

Debby Sahertian, Robby Tumewu, dan Ade Juwita di Lenong Rumpi
Sumber :
  • Instagram/debbysahertian54

VIVA – Kabar duka datang dari panggung hiburan Tanah Air. Robby Tumewu menghembuskan napas terakhir pada Senin, 14 Januari 2019, lewat tengah malam. Robby meninggal di usia 65 tahun karena stroke dan disemayamkan di rumah duka di Oasis, Tangerang.

Sosok Robby Tumewu dikenal luas saat tampil dalam sitkom Lenong Rumpi yang tayang selama 1989 hingga 1993. Robby dikenal jenaka memberikan humor segar walaupun berasal dari latar belakang seorang perancang busana.

Popularitas Lenong Rumpi yang dimotori oleh Harry ‘Boim’ de Fretes merangkak naik bersama para pemainnya lainnya, yakni Ira Wibowo, Debby Sahertian, Titi DJ, Ade Juwia, dan Tata Dado. Kesuksesan Lenong Rumpi dianggap sebagai pelopor sitkom serupa di industri televisi Tanah Air.

Robby Tumewu sebagai jebolan Lenong Rumpi kemudian banyak mendapat tawaran bermain film layar lebar, di antaranya Ca Bau Kan sebagai lawan main Ferry Salim pada 2002. Aktor berdarah Manado tersebut juga berlakon dalam film yang dibintangi Nicholas Saputra, Gie (2002), dan Madame X (2010). 

Selamat jalan Robby! (fin)