Emilia Clarke: Saya Tak Bisa Tidak Membela Daenerys Targaryen

Daenerys Targaryen (Emilia Clarke) dalam Game of Thrones Season 8.
Sumber :
  • HBO

VIVA – Serial Game of Thrones (GoT) memang sudah berakhir Senin, 21 Mei 2019 kemarin. Namun, para penggemar tampaknya masih belum bisa move on dari akhir serial fenomenal HBO itu. Salah satu yang masih menuai pro dan kontra adalah mengenai tokoh Daenerys Targaryen yang dikisahkan menjadi The Mad Queen.

Selama ini Dany, sapaan Daenerys, ditampilkan sebagai sosok yang baik hati dan berani melakukan hal-hal yang sebelumnya jarang dilakukan tokoh lain. Salah satunya menghapus perbudakan.

Jadi tak heran jika penggemar syok ketika Daenerys yang kini sudah kehilangan banyak orang terdekatnya memilih untuk mengikuti jejak sang ayah menjadi sosok ratu yang kejam dan tak punya ampun, yang tega membantai rakyat tak bersalah dengan membakar mereka hidup-hidup.

Bahkan sang pemeran Daenerys, Emilia Clarke pun mengaku terkejut saat pertama kali membaca naskah Season 8.

"Apa, apa, apa, APA!? Karena itu (Daenerys menjadi The Mad Queen) muncul entah dari mana. Saya terperangah. Sama sekali tidak menduga itu terjadi," kata Emilia dikutip dari Entertainment Weekly, Selasa, 21 Mei 2019.

Lalu, sebagai Emilia, apakah ia setuju atau tidak setuju dengan apa yang Daenerys lakukan sepanjang kisah hidupnya yang kontroversial di GoT?

Wanita berusia 32 tahun itu mengungkapkan, membaca naskah GoT Season 8 dan mengetahui bahwa tokoh yang ia perankan berubah menjadi The Mad Queen merupakan sebuah perjuangan bagi Emilia.

"Yang saya pelajari di sekolah drama, dan jika artikel ini dipublikasi, akan ada guru sekolah drama mengatakan 'Itu omong kosong', namun begini, saya diberi tahu bahwa karaktermu benar. Karaktermu membuat pilihan dan kamu harus setuju dengannya. Seorang aktor seharusnya tidak pernah takut untuk terlihat buruk. Kami sendiri memiliki sisi buruk," ujar Emilia.

"Dan setelah 10 tahun terlibat di serial ini, itu masuk akal. Apa lagi yang bisa dia (Daenerys) lakukan? Saya mencoba memikirkan bagaimana akhirnya. Tak mungkin tiba-tiba dia berpikir, 'Oke, saya akan merebus air dan memanggang biskuit dan duduk santai di rumah dan punya anak'. Itu tidak akan pernah terjadi. Dia seorang Targaryen," katanya menambahkan.

Meski Daenerys dikisahkan tewas dibunuh Jon Snow (Kit Harington), namun bagi Emilia, itu merupakan penutup cerita yang indah dan menyentuh. Ia sendiri mengaku sudah menebak bahwa tokoh yang ia perankan akan tewas di akhir serial.

"Semoga yang akan kamu lihat di momen terakhir di mana dia (Daenerys) sedang sekarat adalah kerentanan. Ada gadis kecil yang kamu temui di Season 1. Lihat? Dia ada di sana. Dan sekarang dia sudah tidak ada lagi," ucap Emilia.

Namun, tak bisa dimungkiri bahwa Daenerys telah menjadi bagian penting dari perjalanan hidup seorang Emilia Clarke. Itu lah yang kemudian membuatnya memilih untuk tetap membela Daenerys, tak peduli apa yang sudah dilakukan karakter itu.

"Tapi setelah mengatakan semua hal yang baru saja saya katakan, saya berdiri di samping Daenerys. Saya berdiri di sisinya! Saya tak bisa tidak membelanya," ujar Emilia.