Kru Drama Song Hye Kyo Protes, Total Gaji Rp266 Juta Belum Dibayar

Song Hye Kyo dan Park Bo Gum
Sumber :
  • soompi

VIVA – Kesuksesan drama Encounter yang tayang di tvN rupanya menyisakan masalah bagi sejumlah krunya. Beberapa orang yang bekerja dengan Human Art, tim produksi drama yang dibintangi Song Hye Kyo dan Park Bo Gum itu mengaku belum dibayar.

Salah satu perwakilan tim tersebut mengungkap histori chat dirinya dan CEO Human Art. Dalam percakapan tersebut, salah seorang kru mengeluh, sudah lebih dari delapan bulan sejak November tahun lalu, mereka belum dibayar. Jika ditotal, bayaran yang belum ditunaikan perusahaan untuk dua orang adalah 22,5 juta won atau sekitar Rp266 juta.

Pada Maret lalu, mereka menyerahkan petisi ke Kementerian Tenaga Kerja Korea Selatan. Bos Human Art meminta mereka untuk membatalkan laporan tersebut dan berjanji akan membayar upah mereka pada April atau Mei. Namun kru tersebut menolak, karena tidak percaya dengan janji bos tersebut dan tetap mengajukan aduannya pada kementerian. Ketika ditagih lagi, bos Human Art malah balik menyerang.

"Waktu kalian melaporkan masalah ini ke kementerian, kita sudah bicara lewat telepon, bukan? Saya minta kalian batalkan petisi itu, lalu saya akan bayar penuh antara Maret dan April. Tapi kamu bilang tidak akan membatalkannya, jadi saya bilang ke manajer untuk membayar kalian selambat mungkin," kata bos tersebut.

Pihak Human Art beranggapan bahwa kru tersebut tidak kooperatif dalam masalah ini sehingga malah menunda pembayatan. "Maaf, tapi karena kalian tidak kooperatif, maka kami juga tidak kooperatif. Adil, kan?" serunya.

Kru tersebut juga mengungkap bahwa tim produksi itu juga bekerja untuk drama Hotel del Luna yang dibintangi IU dan kini sedang tayang. Menanggapi masalah ini, sumber dari tvN memberi keterangannya.

"Perusahaan produksi untuk Encounter sudah menyelesaikan pembayaran untuk tim di lokasi. Itu Human Art yang belum membayar karyawan mereka. Kami sudah memberi peringatan pada Human Art melalui perusahaan produksi untuk menyelesaikan masalah ini secepat mungkin," terang perwakilan tvN. (ldp)