Tips Memilih Koper Terbaik untuk Dibawa Terbang dengan Lion Air

ilustrasi koper.
Sumber :
  • Pixabay/Pexel

VIVA – Koper merupakan barang yang sangat membantu saat Anda traveling, baik itu liburan atau business trip. Perannya menjadi semakin penting karena membawa bagasi ke maskapai bertarif rendah, seperti Lion Air dan Wings Air, sekarang sudah dikenakan biaya. Pastinya, Anda ingin selalu menjaga semua barang yang ada sekaligus tidak kelebihan beban saat membayanya.

Karena itu, memilih koper yang tepat wajib Anda lakukan karena benda ini akan dipakai dalam waktu yang panjang. Selain kepraktisan dan kenyamanan, pastinya banyak hal lain yang harus Anda perhatikan. Jangan sampai Anda salah memilih koper yang akhirnya malah buat Anda rugi.

Buat Anda yang ingin jalan-jalan ke luar negeri dalam waktu dekat, berikut beberapa kiat memilih koper terbaik untuk traveling!

1. Material Koper

Ada berbagai material koper yang bisa Anda pilih jika hendak mencari koper untuk bepergian. Secara garis besar ada dua tipe utama material, yaitu hardcase dan softcase. Masing-masing material pun punya kelebihannya dan Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Koper hardcase punya daya tahan yang pastinya lebih baik dan menjaga barang-barang di dalam koper saat terjadi benturan. Sedangkan, koper softcase punya bentuk yang bisa membesar dan membuat Anda bisa menambah kapasitas koper. Di sisi lain, penyimpanan koper dengan material softcase juga lebih mudah dibandingkan dengan hardcase.

2. Fitur Roda Koper

Pastinya lelah jika Anda harus membawa-bawa tas di punggung Koper dengan roda yang bisa didorong memang jadi solusi saat bawaan Anda agak banyak waktu liburan. Saat membeli koper, perhatikan fitur roda yang ada di bagian bawah. Apa semuanya dalam keadaan baik?

Selain itu, perhatikan juga pergerakan roda, apa bagian roda mudah untuk didorong ke samping dan depan. Jangan juga lupakan bagian pegangan dari koper. Sebaiknya Anda mencoba membuka dan memasukkan kembali bagian pemegang koper sebelum menjatuhkan pilihan.

3. Sistem Keamanan

Pastinya Anda akan membawa banyak benda pribadi di dalam koper. Jadi, pastikan koper yang Anda pilih mampu menjaga keamanannya di dalam sana. Ada berbagai pilihan fitur keamanan yang ditawarkan oleh sebuah koper, mulai dari sistem keamanan dengan kunci atau kombinasi angka.

Namun, ada baiknya tetap mencari koper dengan ritsleting berlubang. Jadi, Anda bisa menambahkan gembok lagi supaya jadi semakin sulit untuk dibuka oleh orang-orang tak bertanggung jawab.

4. Warna

Warna koper juga jadi pertimbangan yang harus dipikirkan matang-matang saat membeli koper. Ada baiknya memilih koper dengan warna yang sedikit mencolok guna memudahkan Anda mencarinya di bandara.

Pilihan warna pink, kuning, atau merah biasanya bisa membantu penglihatan Anda untuk lebih cepat menyadari keberadaan koper tersebut. Selain itu, kemungkinan kecil juga koper Anda sama dengan koper penumpang lain.

5. Kapasitas Koper

Ada baiknya juga Anda punya lebih dari satu koper di rumah dengan ukuran yang berbeda-beda. Ukuran-ukuran koper bisa disesuaikan dengan perjalanan Anda. Jika hanya melakukan perjalanan singkat ke kota di Indonesia, koper dengan ukuran kecil pastinya sudah bisa digunakan.

Namu, jika Anda ternyata ingin pergi ke luar negeri dalam jangka waktu yang panjang, Anda harus menyediakan koper yang lebih besar lagi pastinya. Biarpun membawa koper yang besar, Anda juga butuh pengaturan yang baik di dalam koper supaya tetap bisa memuat banyak barang.

Tidak perlu takut kelebihan bobot bagasi pesawat karena Anda bisa memanfaatkan layanan tambahan extra baggage jika memesan tiket pesawat dari Traveloka. Layanan tambahan ini buat Anda mendapatkan baggage allowance lebih banyak untuk masuk ke dalam pesawat. Untuk besarannya, Anda pun bisa memilihnya sesuai kebutuhan setelah memesan tiket pesawatnya.

Jadi, nanti setelah Anda mendapatkan koper yang tepat, langsung rencanakan liburan ke luar negeri. Jangan lupa untuk membeli pesawatnya di Traveloka guna mendapatkan layanan extra baggage. Jadi, liburan ke luar negeri Anda bisa lebih nyaman.