Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 29 Maret 2019 | 09:00 WIB

3 Alasan Penting Mengapa Harus Punya Asuransi Perjalanan

Team VIVA »
Dwi ereline Amelia
Foto :
Ilustrasi asuransi perjalanan.

VIVA – Melakukan perjalanan untuk liburan tentunya perlu banyak sekali persiapan. Mulai dari dana, waktu, hingga tenaga, namun apa jadinya jika semua sudah Anda persiapkan dengan baik namun tiba tiba saja kondisi kesehatan justru menurun lantaran perbedaan cuaca misalnya.

Tentunya hal ini cukup menyebalkan, momen-momen yang harusnya bisa Anda manfaatkan dengan bersenang-senang dan memiliki foto-foto dengan latar belakang kekinian, musnah sudah hanya karena Anda melupakan perlindungan terhadap kesehatan.

Baca Juga

Untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang tak diinginkan, mulai dari kehilangan barang bawaan, hingga masalah kesehatan, Anda bisa menggunakan jasa asuransi perjalanan untuk melindungi Anda dari berbagai bahaya selama melakukan perjalanan. Namun sering kali beberapa orang masih mengabaikan pentingnya asuransi perjalanan dengan dalih telah memiliki asuransi kesehatan atau pun asuransi jiwa.

Poinnya bukan tentang jenis asuransi apa yang sudah Anda miliki, yang menjadi masalah adalah apakah asuransi yang Anda miliki juga melindungi perjalanan Anda secara menyeluruh atau justru sebaliknya?

Terpopuler

Jika jawabannya tidak, tentunya Anda harus memikirkan dari sekarang untuk memiliki asuransi perjalanan yang penting bagi keselamatan Anda maupun keselamatan ‘kantong’ Anda. Artikel Kita kali ini akan membahas mengenai beberapa alasan pentingnya memiliki asuransi perjalanan. Berikut ulasan selengkapnya :

1.Setiap Kota atau Negara Tujuan Memiliki Karakteristik yang Berbeda Beda

Karakteristik yang dimaksud disini adalah mengenai kondisi masyarakat maupun kondisi alam sekitar yang belakangan sering kali berubah ubah. Kita mulai dari kondisi masyarakat, menurut data Tourism and Poverty Allevation, semakin rendahnya tingkat kemiskinan sebuah Negara maka semakin tinggi tingkat kriminalitasnya. Ini artinya jika Kita melakukan perjalanan ke Negara yang memang tingkat kemiskinan yang cukup tinggi itu artinya semakin rentan pula perjalanan Kita.

Selanjutnya adalah karakteristik atau kondisi alam dimana Kita melakukan perjalanan. Jika Kita melakukan perjalanan ke Negara dengan 4 musim atau sub-tropis tentunya Kita harus mengetahui terlebih dahulu cuaca yang sedang terjadi di Negara bersangkutan.

Hal ini guna mempersiapkan diri Kita agar selalu dalam kondisi fit dengan mempersiapkan berbagai kemungkinan yang bisa saja terjadi. Kita tentunya tidak bisa mengenakan pakaian tipis pada saat musim dingin bukan? Oleh karena itu segala sesuatu harus benar benar Kita persiapkan.

Selain mempersiapkan dari sisi barang bawaan, Kita juga harus mempersiapkan dari sisi perlindungan menyeluruh dengan memiliki asuransi perjalanan. Nyatanya jenis asuransi perjalanan ini tak hanya melindungi Anda dari sisi medis saja, beberapa jenis asuransi juga memberikan perlindungan hingga barang bawaan dan aset yang Anda tinggal selama melakukan perjalanan dengan sistem perluasan perlindungan.

2. Asuransi Bermanfaat Bagi Anda yang Ingin Terlindungi dari Berbagai Kemungkinan Terburuk yang Bisa Terjadi Kapan Saja

Anda pernah mengalami gagal bepergian yang disebabkan oleh pembatalan penerbangan? Hal ini tentunya cukup membuat Kita kecewa bukan? Terlebih Kita sudah menyiapkan jauh jauh hari, mulai dari cuti, dana, hingga persiapan barang bawaan.

Beberapa maskapai yang melakukan pembatalan penerbangan nyatanya banyak sekali yang justru mempersulit proses refund sehingga membuat penumpang kapok memesan tiket di maskapai tersebut. Namun lain halnya jika Anda memiliki asuransi perjalanan yang melindungi perjalanan Anda dengan berbagai kemudahan tambahan perluasan pertanggungjawaban. Beberapa contoh

Salah satu yang dilindungi oleh asuransi perjalanan adalah kemungkinan pembatalan penerbangan maupun delay. Pihak asuransi akan memberikan sejumlah dana pertanggungjawaban terhadap Anda sebagai nasabah jika Anda memiliki perluasan perlindungan hingga menyangkut masalah penerbangan.

Hal ini tentunya cukup menguntungkan bagi Kita, lantaran hampir semua maskapai penerbangan rata-rata tidak memberikan biaya ganti rugi atas delay yang menimpa penumpangnya.

Berbagai perusahaan asuransi ternama seperti Chubb, Travellin, dan asuransi perjalanan Zurich memiliki produk asuransi perjalanan dengan lingkup perlindungan yang luas dan bisa Anda gunakan setiap kali Anda bepergian.

3.Menekan Pengeluaran yang Tak Terduga

Salah satu manfaat dari asuransi perjalanan adalah meminimalisir berbagai kemungkinan yang bisa terjadi selama Anda melakukan perjalanan. Resiko ini nantinya akan berpengaruh pula tentunya terhadap keuangan yang Anda miliki selama melakukan perjalanan.

Dengan memiliki asuransi perjalanan Anda bisa meminimalisir pengeluaran tak terduga yang bisa saja Anda keluarkan lantaran mendapat musibah. Misal, Anda kecelakaan dan harus berobat, otomatis Anda harus mengeluarkan dana untuk mengcover biaya kesehatan, padahal dana perjalanan Anda sudah Anda atur sedemikian rupa sesuai itinerary. Jika sudah seperti ini tentunya perjalanan yang seharusnya menyenangkan berubah menyengsarakan!

Demikian lah beberapa hal yang wajib Anda ketahui dalam mempertimbangkan pentingnya asuransi kesehatan. Ada pepatah mengatakan, lebih baik mencegah daripada memperbaiki. Pepatah tersebut lah yang harus Anda gunakan dalam kasus ini. Semoga berguna!

 

Topik Terkait
Saksikan Juga
OJK Temukan Lebih dari 1000 Fintech Ilegal
TVONE NEWS - 2 bulan lalu