Rayakan 70 Tahun RI-AS, Diaspora Indonesia Bersihkan Pantai di LA

Masyarakat/Diaspora Indonesia Bersihkan Pantai Santa Monica.
Sumber :

VIVA – Dalam rangka merayakan hubungan diplomatik Indonesia - Amerika Serikat, Konsulat Jenderal RI di Los Angeles ikut serta aktif pada kegiatan membersihkan pantai di Santa Monica, Los Angeles, AS.

Bekerja sama dengan sebuah organisasi non-profit setempat yang menaruh fokus pada isu-isu lingkungan, Heal the Bay, kegiatan ini turut melibatkan tidak kurang dari 100 masyarakat/diaspora Indonesia yang berdomisili di LA dan sekitarnya.

"Tahun ini, Indonesia dan AS merayakan hubungan diplomatik yang ke-70. Kegiatan membersihkan pantai merupakan upaya penguatan hubungan antar masyarakat (people to people) kedua negara," ungkap Saud P. Krisnawan, Konsul Jenderal RI di Los Angeles.

Menurut Saud, partisipasi masyarakat/diaspora Indonesia pada aksi membersihkan pantai sangat disambut positif oleh pihak setempat.

"Tadi saya ngobrol-ngobrol dengan koordinator panitia setempat, mereka sangat berterima kasih atas partisipasi masyarakat kita di aksi membersihkan pantai kali ini. Ke depannya, bahkan kami sepakat untuk menjalin kerja sama terkait isu pengelolaan lingkungan," tukas Saud.

Kegiatan bersih-bersih pantai ini diadakan serentak di seantero Los Angeles County, California. Belasan ribu relawan berpartisipasi pada aksi bersih-bersih pantai ini. Berdasarkan data Heal the Bay, kegiatan sejenis tahun lalu berhasil membersihkan lebih dari 400 ton sampah.