Samsung Hidupkan Kembali Kampung Pelangi di Kamal Muara

Samsung Global Volunteering Month (GVM)
Sumber :
  • Samsung

VIVA – Akhir-akhir ini, wisata kekinian banyak dijumpai di berbagai wilayah. Tempat wisata dengan spot menarik di setiap sudutnya menjadi daya tarik tersendiri pagi para pengunjungnya. Hanya sekadar untuk mengabadikan momen dengan latar foto yang keren sudah menjadi salah satu momen untuk menikmati akhir pekan.

Samsung melihat potensi ini di pemukiman nelayan Kamal Muara, yang pernah menjadi Kampung Pelangi dengan cat warni-warni di rumah-rumah dan daerah sekitar pemukiman. Namun, sayangnya, warna-warna tersebut sudah memudar dan membutuhkan pengecatan ulang. Melihat hal tersebut, Samsung mengambil inisiatif untuk mengecat ulang pemukiman nelayan Kamal Muara, yang dilakukan bertepatan dengan program sukarela karyawan, Global Volunteering Month (GVM).

Bertepatan dengan Samsung Global Volunteering Month (GVM), sebuah agenda aksi sukarela karyawan tahunan dengan membagi waktu, tenaga maupun keahlian mereka untuk memajukan komunitas di Indonesia.

Selain itu, untuk menyambut 50 tahun hari jadi Samsung Electronics di seluruh dunia yang jatuh pada tanggal 1 November 2019, Samsung Electronics Indonesia juga mengajak konsumen Samsung dari komunitas Samsung Member untuk melakukan aksi sosial bersama karyawan di pemukiman nelayan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara yang dikenal sebagai Kampung Pelangi, pada Sabtu (12/10).

“Kami memfasilitasi karyawan kami untuk berpartisipasi dalam aksi sosial sukarela dan berkontribusi langsung kepada masyarakat. Sudah lima tahun berturut-turut secara konsisten kami melakukan aksi sosial karyawan dan kali ini dalam rangka memperingati hari jadi ke-50 Samsung Electronics di dunia, kami juga mengajak para pengguna Samsung dari komunitas Samsung Member. Tahun ini, kami membantu Warga Kampung Pelangi, Kamal Muara, Jakarta Utara, mempercantik lingkungan mereka agar menarik turis yang melewati pemukiman menuju ke Kepulauan Seribu. Pemukiman nelayan di Kamal Muara ini berpotensi menjadi salah satu tujuan wisata, sebagai bagian dari Kota Tua seperti yang dicanangkan pemerintah daerah,” papar Kang Hyun Lee, Vice President Samsung Electronics Indonesia.

Sejalan dengan inisiatif Kampung Pelangi oleh pemerintah daerah Jakarta Utara pada tahun 2016 lalu, Kampung Kamal Muara dipilih menjadi kampung percontohan untuk program ini dengan memperindah lingkungannya dengan mewarnai pagar, tembok, bahkan jalan dengan berbagai warna. Selain itu juga dilengkapi dengan sentuhan pola, gambar, hingga karakter kartun yang populer di Indonesia.

“Tahun 2018 lalu, kami sudah memiliki kampung pelangi tapi warnanya sekarang sudah mulai pudar. Waktu itu, pengunjung-pengunjung yang datang cukup banyak. Ditambah lagi kampung kami juga menjadi wilayah yang sering dilewati oleh wisatawan yang hendak menyeberang ke Kepulauan Seribu. Jadi, sebelum menyeberang ke Kepulauan Seribu maupun ketika pulang mereka akan keliling-keliling di kampung, kami tak sekadar untuk berfoto tapi juga berbelanja oleh-oleh baik cendera mata maupun makanan khas,” kata Mansyur, selaku Ketua Karang Taruna Kamal Muara.

Lee menambahkan, tahun ini, 65 peserta yang terdiri dari karyawan dan konsumen Samsung dari komunitas Samsung Member sukarela berbagi tugas mengecat jalan, fasilitas umum, dan rumah, memberikan pelatihan digital, membantu pelatihan hidroponik, serta memandu kegiatan edukatif untuk anak-anak.

“Saya bangga menjadi bagian dari Samsung Electronics Indonesia yang benar-benar nyata berkontribusi di Indonesia. Tidak hanya menghadirkan inovasi bermanfaat pada produk dan layanan, tetapi juga memiliki aksi sosial yang konsisten seperti hari ini. Saya awalnya mendapatkan informasi dari tim Corporate Citizenship jika akan ada kegiatan Global Volunteering Month yang akan diadakan di Kamal Muara. Saat itu juga, saya langsung mendaftarkan diri dan siap menjadi bagian kegiatan tersebut,” kata Yolanda Ulfa, salah satu karyawan Samsung yang mengikuti Global Volunteering Month 2019.

“Saya bahagia melihat warga Kamal Muara sangat antusias mengikuti setiap program dan membuat kami semakin semangat memberikan waktu dan berbagi pengalaman yang dapat membuka peluang baru bagi mereka. Saya pun juga antusias turut serta mewarnai pola mural dan mendampingi anak-anak untuk tote coloring sampai bermain (edu games) dengan tablet,” lanjutnya lagi.