Samsung Berikan Pelatihan Digital di Kampung Pelangi Kamal Muara

Acara Global Volunteering Month di Kamal Muara.
Sumber :
  • Samsung

VIVA – Memberikan kesempatan bagi para karyawan untuk bersama-sama berkontribusi kepada lingkungan dan komunitas untuk mendukung terbangunnya semangat positif dalam produktivitas sehari-hari, serta memperkuat jalinan kerja sama di antara karyawan, maka Samsung Electronics Indonesia berpartisipasi dalam Global Volunteering Month yanag diikuti oleh Samsung di seluruh dunia.

Di berbagai Negara di mana Samsung beroperasi, Samsung mengajak karyawannya untuk menyentuh banyak kehidupan melalui program-program kemasyarakatan yang berbeda-beda. Pada tahun ini, program aksi sosial yang melibatkan karyawan Samsung Electronics Indonesia dilakukan di pemukiman nelayan Kamal Muara yang sejak tahun 2016 dikenal dengan Kampung Pelangi Kamal Muara.

Melihat perubahan warna cat yang semakin pudar, maka Samsung menyediakan cat berwarna-warni untuk kembali mempercantik lingkungan Kamal Muara. Selain itu, Samsung juga memberikan pelatihan digital dan pemanfaatan media sosial untuk mengembangkan usaha bagi para ibu-ibu PKK dan Karang Taruna, perbaikan TPSS, menanam tanaman hidroponik, hingga donasi produk Samsung Smart TV dan tablet-tablet berisi e-book yang juga bisa dimanfaatkan untuk membuat konten yang dapat menarik Iebih banyak wisatawan untuk datang ke Kampung Pelangi. 

“Sekarang, eranya generasi LIVE di mana orang semakin suka datang ke tempat unik untuk membuat konten sosial media. Kami berharap, pengecatan ulang dengan mural yang dilakukan karyawan, komunitas Samsung Member bersama warga hari ini bisa menarik lebih banyak pengunjung untuk datang dan membuat konten di sini. Pelatihan digital yang diberikan juga kami harapkan dapat bermanfaat bagi warga untuk mengembangkan dan menjual kerajinan tangan mereka melalui media sosial dan karang taruna dapat membuat konten viral memperlihatkan keindahan Kampung Pelangi dan meningkatkan jumlah pengunjung. Kami yakin setiap lingkungan dan komunitas memiliki potensi yang dapat dikembangkan agar kualitas hidup warganya meningkat,” kata Kang Hyun Lee, Vice President Samsung Electronics Indonesia.

Head of Corporate Citizenship PT Samsung Electronics Indonesia Ennita Promono menambahkan bahwa pelatihan digital dan media sosialnya sudah dilakukan pada Sabtu lalu (5/10). Hari ini, dilanjutkan dengan kompetisi foto dan video hasil pelatihan tersebut. Tujuannya agar yang sebelumnya tidak bisa menjadi bisa untuk mendorong wisata dan ekonomi masyarakat Kamal Muara.

Pelatihan digital dan media sosial diikuti oleh sebanyak 60 peserta meliputi ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) maupun anak-anak muda di karang taruna setempat.

Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengungkapkan bahwa Kelurahan Kamal Muara merupakan keluharan terujung sebenarnya karena berbatasan dengan Kabupaten Tangerang. Meskipun letaknya paling ujung, tidak membuat Kelurahan Kamal Muara miskin akan prestasi. Justru sebaliknya, banyak hal yang bisa diwujudkan di sini, salah satunya gagasan dari Samsung bersama karyawannya ini.

“Kami merasakan ada sebuah peluang dari kolaborasi yang sangat baik ini, karena kami yakin edukasi yang diberikan untuk masyarakat dan pemukiman yang terlihat bersih dan menarik akan dapat menggerakkan ekonomi masyarakat di sini,” ujar Sigit.