Rendang, Batik, Wayang, dan Timnas Indonesia Vs Malaysia

Timnas Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA – Perseteruan antara Indonesia dan Malaysia, seolah tak pernah berakhir. Meski keduanya hidup bertetangga, namun aroma persaingan terus menyeruak di berbagai hal.

Mulai dari asal usul budaya wayang, batik dan rendang, hingga rivalitas di lapangan hijau. Kedua negara seolah tidak pernah bisa hidup rukun, meski satu rumpun. Seperti dilansir dari media asal Inggris, Guardian, Kamis 5 September 2019.

Malam nanti pukul 19:30 WIB, Timnas Garuda akan berhadapan dengan Harimau Malaya, julukan untuk timnas Malaysia yang diberikan oleh mantan Presiden Soekarno. Mereka akan bertanding untuk laga penyisihan Piala Dunia 2022.

Dikabarkan, ada sekitar 3.000 suporter Malaysia yang menyeberang melalui Malaka, menyusuri Sumatera menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Baca juga: Jadwal Siaran Duel Timnas Indonesia Vs Malaysia Hari Ini

Presiden Federasi Sepak Bola Malaysia, Datuk Hamidin Mohd Amin mengkhawatirkan adanya teror provokasi dari masyarakat Indonesia. Untuk mencegah hal buruk terjadi, ia disebut mendatangkan tim keamanan khusus.

“Kami tidak khawatir dengan keamanan di dalam arena, karena banyak petugas yang berjaga. Tapi, ada risiko provokasi terjadi sepanjang perjalanan,” ujarnya.

Pelatih timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe juga merasakan tekanan yang besar. Meski demikian, ia mengklaim sudah terbiasa bermain di arena yang dapat menampung penonton lebih dari 70 ribu orang.

“Timnas Indonesia akan mulai menekan di 20 menit pertama, mereka akan mencari gol di waktu tersebut. Pemain Malaysia harus bisa menahan gempuran itu,” ungkapnya.