Wasit Arab ‘Raja Kartu’ Pimpin Pertandingan Indonesia Vs Vietnam

Turki Mohammed Al Khudayr saat beraksi memimpin pertandingan
Sumber :
  • VNS

VIVA – Babak lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia akan diadakan pada Selasa, 15 Oktober 2019, mempertandingkan Timnas Indonesia melawan Vietnam. Salah satu wasit yang dikabarkan akan hadir adalah Turki Mohammed Al Khudayr, si raja kartu.

Raja kartu disematkan sebagai sebutan Al Khudayr karena dirinya memang dikenal kerap mengeluarkan kartu merah maupun kuning kepada pemain. Tak jarang, aksinya ini pun menimbulkan pro kontra di antara pemain, maupun menjadi perbincangan warganet.

Dilansir melalui Vietnam News, Senin, 14 Oktober 2019, pria berusia 38 tahun itu telah menjadi wasit berlisensi FIFA sejak 2014 lalu. Sejak saat itu sampai sekarang, Al Khudayr telah mengeluarkan 250 kartu kuning dan 16 kartu merah. 

Tak hanya itu, dia juga terhitung telah ‘menghadiahi’ 36 pinalti saat pertandingan semasa karirnya berjalan.

Vietnam News menuliskan jika Al Khudayr memang cukup terkenal dikalangan penggemar sepak bola di negara tersebut. Pasalnya, dia sempat memimpin beberapa pertandingan di Hanoi.

Selama pertandingan penyisihan grup Piala AFF 2018 melawan Malaysia Desember lalu, ia menolak memberikan penalti untuk tuan rumah setelah gagal menghukum bek Malaysia Sharul Saad karena menyikut striker Vietnam, Nguyen Cong Phuong di wajahnya.

Pada bulan Januari, ia juga memimpin pertandingan antara Vietnam dan Korea Selatan di Kejuaraan U23 Asia. Di sana ia menghadiahkan penalti kepada Korea Selatan, yang diselamatkan oleh kiper Bui Tien Dung. Namun hal ini sempat menyebabkan kontroversi.

Saat pertandingan Indonesia lawan Vietnam di stadion Dipta Gianyar, Al Khudayr akan dibantu oleh Muhammad Maki Al-Abakri dan Khalaf Zaid Al Shammari, juga dari Arab Saudi.