Tim Garuda Ditekuk Vietnam, Kualifikasi Piala Dunia 2022

Timnas Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA – Timnas Indonesia harus menerima kenyataan, kalah telak dengan gol 1-3 dari tim Vietnam, dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Kedua tim diketahui merumput di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Selasa, 15 Oktober 2019.

Dengan demikian, Indonesia dalam empat pertandingan di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, belum pernah sekalipun memperoleh kemenangan. Sehingga, kini 'Garuda' menjadi penghuni dasar klasemen Grup G.

Pada pertandingan sore tadi, Timnas Indonesia didukung oleh Muhammad Ridho; Putu Gede Juni Antara, Abduh Lestaluhu, Otavio Dutra, Yanto Basna; Evan Dimas, Riko Simanjuntak, Stefano Lilipaly (Irfan Bachdim 82'), Saddil Ramdani (Wawan Febrianto 57'), Bayu Pradana; Alberto Goncalves (Lerby Eliandry 84').

Sementara itu, pemain Timnas Vietnam, yakni Dang Van Lam; Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, B Tien Dung, Doan Van Hau; Nguyen Trong Hoang (Ngyuen Phong 87'), Do Hung Dung; Nguyen Van Toan (Viet Phong Nguyen 67'), Pham Duc Huy, Nguyen Tien Linh (Vu Van Thanh 75'), Nguyen Quang Hai
 
Selama 90 menit, Vietnam terlihat mendominasi berjalannya pertandingan. Indonesia sempat membuat beberapa serangan, meski hasilnya kurang sesuai harapan. Peluang pertama tim Vietnam terjadi pada menit ke-sembilan. Tendangan dari Doan Van Hau dari luar kotak penalti masih melebar.

Menit ke-14, Alberto Goncalves memiliki peluang. Namun sontekan Beto, masih bisa ditangkap kiper Vietnam, Dang Van Lam. Muhamamd Ridho melakukan penyelamatan pada menit 18. Tendangan pemain Vietnam, Pham Duc Huy dari luar kotak penalti masih bisa ditepis oleh Ridho.

Gol pertama Vietnam terjadi pada menit 25, dicetak oleh Do Duy Manh dengan memanfaatkan kemelut di depan gawang Indonesia yang dijaga oleh Muhammad Ridho. Indonesia sempat mengancam Vietnam pada menit 48 melalui Otavio Dutra. Namun sundulan Dutra masih melambung.

Vietnam mendapatkan hadiah penalti pada menit 53. Yanto Basna melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti. Que Ngoc Hai berhasil melakukan tugasnya dengan baik. Vietnam pun unggul dengan gol sementara 2-0. Gol kembali terjadi pada menit ke-61, hasil dari tendangan Nguyen Tien Linh.

Irfan Bachdim berhasil mencetak gol bagi Indonesia pada menit 84. Ia mencetak gol memanfaatkan umpan dari Riko Simanjuntak. Vietnam kembali menapatkan penalti pada menit 90+3, karena Otavio Dutra melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Do Hung Dung yang menjadi algojo gagal melakukan tugasnya.