Duo Marquez Jadi Andalan Tim Honda di MotoGP 2020

Marc dan Alex Marquez menjajal motor MotoGP pada sesi tes di Valencia
Sumber :
  • Crash

VIVA – ?Alex Marquez baru saja memenangkan kejuaraan dunia Moto2 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Italia pada 15 – 17 November 2019 lalu. Musim depan, ia naik ke kelas MotoGP dan bergabung bersama tim kakaknya, Marc Marquez.

Sebelumnya Johann Zarco yang dikabarkan akan bergabung dengan tim Repsol Honda. Akan tetapi, akibat kecelakaan yang dialaminya, ia batal menunggangi motor Honda RC213V.

Mengutip dari Crash.net, Selasa 19 November 2019, Alex terpilih menggantikan Jorge Lorenzo, yang mengumumkan pengunduran diri pada malam final musim di Sirkuit Valencia akhir pekan lalu.

Marc sendiri diketahui tidak akan memaksa Honda untuk merekrut adiknya. Tetapi, fokus Honda saat ini adalah membuat Marc bahagia. Apalagi, ia akan dihadapkan pada perpanjangan kontrak di tahun depan.

HRC (Honda Racing Corporation) secara resmi mengumumkan penandatanganan kontrak dua kali juara dunia Moto2, Alex Marquez untuk bergabung dengan tim Repsol Honda dengan kontrak satu tahun.

“Honda Racing Corporation dengan bangga mengumumkan penandatanganan (kontrak) dengan Juara Dunia (moto2) Alex Marquez. Pembalap muda Spanyol itu akan bergabung bersama tim Repsol Honda dengan kontrak satu tahun,” ujar tim HRC.

“Dia (Alex) akan pindah dari kelas menengah bersama juara dunia delapan kali Marc Marquez pada tahun 2020, untuk memulai debut pertamanya di kelas utama Honda RC213V,” tambah pernyataan resmi HRC.

Sebagai tahap awal, Alex diduga akan mengendarai motor yang dipakai oleh tim satelit Honda, yakni LCR. Hal itu dilakukan, sembari Honda mempersiapkan RC213V edisi 2020.

Laporan Febrika Indirawati / Jakarta