Berita Terbaru Seputar SEA Games 2019 di Filipina

Maskot SEA Games 2019 Manila, Pami
Sumber :
  • IG SEA Games 2019

VIVA – Menjelang pelepasan kontingen Indonesia dalam ajang SEA Games ke-30 Filipina 2019, jumlah atlet yang sebelumnya 837 orang, bertambah menjadi 841. Total kontingen yang berangkat berjumlah 1.309 orang.

Chief de Mission (CdM) Kontingen Indonesia SEA Games 2019, Harry Warganegara menjelaskan, atlet yang berangkat sepenuhnya akan dibiayai oleh negara.

“Semua atlet dengan total 841 itu, yang diberangkatkan akan dibiayai sepenuhnya oleh negara,” jelas Harry di kantor Kemenpora, Rabu 20 November 2019.

Harry juga menyebutkan, sebelum pembukaan SEA Games pada 30 November 2019 mendatang, akan ada empat cabor yang berangkat terlebih dahulu.

“Ada tidak kurang dari empat cabor yang akan berangkat duluan sebelum opening, yaitu sepakbola putra, polo berkuda, floorball, dan water polo,” tuturnya.

Tim CdM sendiri akan terbagi menjadi tim cluster yang dipimpin manajemen cluster, yang terdiri dari medis, sport recovery, konsumsi, travel departure, akomodasi, dan fisioterapi. Tim manajemen cluster ini juga dilengkapi tim technical asistensi analisa data.

Menurut Harry, tim technical asistensi analisa data berfungsi untuk menganalisa, baik kontingen Indonesia maupun lawan, dan menjadikannya informasi yang diberikan kepada pelatih maupun manajer.

“Ia akan menganalisa lawan, sehingga menjadi input kepada pelatih atau manajer,” ujarnya.

Harry berharap, akan tercapai hasil SEA Games 2019 yang baik, karena didorong pula dengan dukungan dari masyarakat Indonesia. Selain itu, juga didukung dari pemerintah, khususnya Menpora.

Laporan Febrika Indriawati / Jakarta