Strategi Jitu Marquez Demi Ungguli Rivalnya di MotoGP

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez
Sumber :
  • MotoGP Pics

VIVA – Pembalap Honda, Marc Marquez, mencoba strategi baru untuk menjaga jarak dengan para rivalnya di MotoGP. Pembalap asal Spanyol itu kini meniru gaya yang dimiliki oleh rekan setimnya, Jorge Lorenzo.

Seperti diketahui, Lorenzo dikenal sebagai pembalap yang menerapkan start cepat hingga bisa unggul sejak tikungan pertama. Dan hal itulah yang kini coba dilakukan oleh Marquez.

Dia mencobanya ketika menjalani sesi latihan bebas di MotoGP Prancis yang digelar di Sirkuit Le Mans, Jumat 17 Mei 2019. Hasilnya, dia meraih waktu tercepat kedua di sesi latihan bebas kedua.

Sebenarnya, taktik itu sudah dilakoninya sejak MotoGP Argentina. Itu dilakukannya agar para pesaingnya tak bisa meniru gaya balapnya selama lomba berlangsung.

"Itu benar, sejak di Argentina saya memimpin banyak lap. Saya tak terbiasai balapan seperti ini tapi terkadang Anda perlu menemukan strategi berbeda," kata pembalap berjuluk The Baby Alien dikutip Crash.

"Ketika saya mempunyai motor dan perasaan yang bagus, serta merasa cukup kuat, mengapa tidak? Dan ketika memiliki perasaan yang sama, mengapa tak melakukannya lagi? Ini positif karena lawan Anda tak akan tahu apa yang Anda lakukan," lanjut pembalap 26 tahun.

Kendati demikian, Marquez menilai strategi ini tak bisa dilakukan di setiap seri. Semua disesuaikan dengan kondisi trek dan lapangan.

"Setelah pemanasan Anda akan tahu apakah strategi ini akan berhasil atau tidak. Tentu, tak di setiap balapan strategi ini bisa dilakukan," jelas Marquez.