Jorge Lorenzo, Apes Tiada Henti Usai Ganti Tim Lagi

Pembalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo
Sumber :
  • Crash

VIVA – "Motor Repsol Honda lebih sesuai dengan karakter saya. Jadi, akan lebih mudah adaptasinya." Begitu pernyataan Jorge Lorenzo saat gabung pertama kali dengan Honda.

Ada harapan, perubahan nasib yang dialami Lorenzo kala gabung dengan Honda. Berbagai mimpi buruknya bersama Ducati, diharapkan Lorenzo, bisa hilang.

Namun, impian berubah jadi mimpi buruk. Bukannya beradaptasi dengan baik, Lorenzo malah kesulitan bersaing dengan rival-rivalnya.

Sama seperti di Ducati, Lorenzo kesulitan pula beradaptasi dengan motor Honda. Hingga akhirnya, sejak seri pertama di Qatar hingga Prancis, Lorenzo selalu terlempar dari posisi 10 besar.

Pun, dia sudah sekali jatuh, yakni di Sirkuit Austin dalam MotoGP Amerika Serikat.

"Motor yang tak simpel. Bukan motor bersahabat layaknya Yamaha. Perlu waktu untuk memahami detail motor ini lebih lama. Cuma urusan waktu, kerja keras, dan saya terus melakukannya. Cepat atau lambat, kami bisa menemukan hal yang berbeda," ujar Lorenzo, seperti dilansir Motor Sport.

Bos tim Honda, Alberto Puig, menegaskan akan terus memenuhi permintaan Lorenzo terkait motor tunggangannya. Puig menyadari, tak mudah bagi Lorenzo untuk langsung nyetel dengan Honda, yang racikan motornya jauh berbeda dengan Yamaha.

"Kami terus mencoba memenuhi perminyaan Jorge. Itu dilakukan agar dia bisa memahami seperti apa karakter motornya," ujar Puig.

Sempat ada rencana untuk merombak racikan motor Honda Lorenzo dalam skala besar. Puig merasa itu bukan pilihan tepat dan tak masuk akal.

Karena, racikan yang ada merupakan khas Honda. "Honda berkomitmen membuatnya tampil kompetitif. Itu mengapa dia direkrut. Urusan dia bisa memenuhi atau tidak, masalah lain," jelas Puig. (ren)