Alasan Keterpurukan Rossi di FP2 MotoGP Italia

Pembalap Monster Yamaha, Valentino Rossi
Sumber :
  • MotoGP Pics

VIVA – Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, meraih hasil minor pada latihan bebas atau free practice (FP) kedua MotoGP Italia, Jumat 31 Mei 2019. The Doctor menjadi pembalap Yamaha terlambat, dan menempati posisi ke-18. Rossi ketinggalan hampir 1 detik dari pembalap tercepat, yakni sang murid, Francesco Bagnaia (Pramac Racing). 

Adapun rekan setim Rossi, Maverick Vinales di posisi ke-5 dan Franco Morbidelli ada di posisi ke-10. Hasil itu diakui Rossi membuatnya frustrasi. Juara dunia 9 kali ini mengungkap beberapa masalahnya. Ia menyebut settingan yang dicobanya tidak cukup berhasil. Rossi sempat jadi pembalap Yamaha yang memegang top speed dengan 340,4 km/jam di trek lurus Mugello. Namun, nyatanya catatan waktu Rossi malah yang terburuk. 

"Hari yang berat, aku berharap bisa lebih, tapi sejak awal aku tidak bisa cepat. Aku tidak bisa melaju dengan benar, dan aku lebih lambat dari tahun lalu. Kami semua sangat tipis tapi posisiku sangat buruk," kata Rossi, dikutip Crash

"Kami coba ban hard dan lainnya, tapi tetap saja tidak cepat. Aku juga lambat di tikungan lambat, aku tidak punya kecepatan, aku harus lebih cepat. Kami menderita, hari kedua kami akan mencoba mengubah beberapa hal, kami akan mengecek semua data dan lihat yang bisa dilakukan," jelasnya. 

Di sisi lain, Rossi saat masih tertahan di peringkat keempat dengan poin 72 setelah dua kali naik podium. Sedangkan puncak klasemen sementara MotoGP 2019 saat ini ditempati oleh pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez dengan raihan 95 poin. (ren)