FP3 MotoGP Italia: Petrucci Pecahkan Rekor Valentino Rossi

Pembalap Tim Pramac Ducati, Danilo Petrucci
Sumber :

VIVA – Pembalap Ducati, Danilo Petrucci menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas atau free practice (FP) ketiga MotoGP Italia, Sabtu, 1 Juni 2019. Rider asal Italia itu mencatatkan waktu 1 menit 46,056 detik. Petrucci mengungguli Pol Espargaro dan Marquez di posisi 2-3. 

Pada saat-saat akhir, sejumlah pebalap klasemen atas berusaha keras untuk mengalahkan catatan waktu Petrucci. Namun Andrea Dovizioso dan Marc Marquez tak mampu melakukannya. Marquez sendiri hanya sanggup berada di posisi ketiga pada sesi latihan bebas kali ini dengan catatan waktu 0,224 detik lebih lambat dibandingkan Petrucci.

Di posisi keempat ditempati Pembalap Tim LCR Honda, Takaaki Nakagami, diikuti Jack Miller dan Fabio Quartararo. Maverick Vinales, Cal Crutchlow, Franco Morbidelli, dan Bagnaia melengkapi 10 besar.

Menariknya, catatan waktu 1 menit 46,056 detik milik Petrucci ini sekaligus memecahkan rekor yang dimiliki Valentino Rossi di sirkuit yang sama.  Rossi sebelumnya mampu melahap satu lap di sirkuit Mugello dengan catatan waktu 1 menit 46.208 detik pada 2018, saat meraih pole. 

Menarik mananti gebrakan apalagi yang akan diberikan Petrucci pada balapan sesungguhnya di MotoGP Italia. Setelah ini, para pembalap masih memiliki satu kesempatan latihan bebas yang akan diselenggarakan selama 30 menit mulai pukul 18.30 WIB. Sedangkan sesi kualifikasi MotoGP Italia 2019 juga akan digelar pada hari ini Sabtu (1/6/2019), tepatnya mulai pukul 19.10 WIB.