100 Pembalap Bakal Bersaing di Seri I Oneprix

Konferensi pers Oneprix.
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA – Kurang dari dua pekan lagi, akan hadir salah satu kejuaraan nasional balap motor terbesar di Indonesia bertajuk Oneprix. Kejuaraan ini hadir atas inisiasi PT Oneprix Motorsport Manajemen (OMM), Ikatan Motor Indonesia (IMI), juga tvOne.

Jelang dimulainya balapan motor paling bergengsi di Indonesia itu, Oneprix melakukan peluncurannya di Hotel Atlet, Rabu 26 Juni 2019. Peluncuran dihadiri oleh Direktur PT Oneprix Motorsport Manajemen, Imam Sulisto, juga Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia, Sadikin Aksa.

Rencananya, akan ada lima seri di tahun pertamanya ini. Seri pertama akan digelar di Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu 7 Juli 2019.

"Kami berterima kasih kepada seluruh tim dan peserta yang turut mendukung dan berpartisipasi di Kejuaraan Oneprix-IMC 2019. Setelah berbulan-bulan persiapan dan melakukan komunikasi dengan para pakar industri, tim dan pembalap, akhirnya kami tiba di hari launching Oneprix Seri 2019. Semoga ini menjadi langkah awal yang baik untuk Motorsport di Indonesia," ujar Imam di Jakarta.

Oneprix akan mempertandingkan tiga kelas utama Kejuaraan Nasional, yakni Bebek 150cc Tune Up (Expert), Bebek 150cc Tune Up (Novice), dan Bebek 150cc Standard (Rookie).

Selain itu, akan ada Oneprix Championship di Sport 150-155cc (Open Qualification). Dan di masing-masing seri akan digelar juga kejuaraan kelas pendukung khusus putaran pertama di Tasikmalaya ini, akan ada RX King Super Class 140cc Tune Up (Open), Bebek Underbone 125cc Engine Mix (Open), dan Matic 150cc Tune Up (Open).

Banyaknya kelas yang dibuka oleh Oneprix sebagai perwujudan dari antusiasme para pembalap. Sejauh ini, sudah lebih dari 100 orang peserta dengan lebih dari 45 tim se-Indonesia yang mendaftar. 

"Selamat kepada para pembalap dan team yang akan mengikuti Kejuaraan Nasional Oneprix - Indonesia Motorprix Championship 2019. Semoga ajang Oneprix bisa dijadikan tolak ukur balap di tingkat nasional juga dapat menghasilkan pembalap dan team yang bisa berkiprah di ajang balap internasional" ujar Sadikin.

Event ini terobosan baru dalam membentuk kegiatan balap yang lebih profesional, harapannya ini dapat berjalan berkesinambungan, agar tim ataupun rider yang akan turun di Oneprix adalah mereka yang berkualitas. Selanjutnya diharapkan dapat lebih memotivasi para pelaku balap untuk ikut andil membentuk olahraga balap motor dengan visi dan misi yang lebih baik dari sekarang” kata Willman Hammer, pembalap Bahtera. 

Sebagai informasi, tayangan Oneprix akan hadir setiap hari Minggu pukul 13.00-15.00 WIB. Sementara itu, event Kejuaraan Nasional Oneprix 2019 akan digelar satu bulan sekali.