Marquez: Quartararo Jadi Ancaman untuk Pembalap MotoGP

Pembalap tim Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo
Sumber :
  • Luis Gene/AFP

VIVA – Marc Marquez terkejut dengan penampilan pembalap Tim Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo. Marquez menilai, Quartararo bisa menjadi masalah bagi para pembalap lainnya.

Quartararo menjalani debutnya di MotoGP dengan apik. Sejak awal musim, pembalap berkebangsaan Prancis itu bisa terus bersaing untuk merengkuh podium. Pada gelaran seri ketujuh MotoGP 2019 di Catalunya, Quartararo menyegel podium kedua.

Setelah itu, pada balapan MotoGP Belanda yang berlangsung di Sirkuit Assen, Minggu lalu, Quartararo, finis ketiga. Keperkasaan pembalap 20 tahun itu berlanjut di sesi latihan bebas pertama MotoGP Jerman, Jumat 5 Juli 2019. 

Quartararo menjadi yang tercepat dengan catatan waktu satu menit 21,390 detik, unggul 0,074 detik dari Marquez di posisi dua. Pada sesi kedua, Quartararo berada di urutan ketiga dengan catatan waktu terbaik satu menit 21,065 detik dari Marquez yang jadi pebalap tercepat. Selisihnya dengan Marquez hanya 0,360 detik.

"Saya rasa itu kejutan bagus untuk MotoGP. Kehadirannya tidak bagus untuk para rivalnya. Sebuah kejutan karena dia memulai tidak langsung kompetitif. Mungkin dia lebih kesulitan di pramusim, tapi kemudian setiap balapan, setiap waktu, dia semakin baik dan semakin baik," kata Marquez, dikutip Crash.

"Sekarang dia mampu tampil cepat di jenis lintasan dan trek berbeda. Dan lihatlah lajunya. Saya, Quartararo, dan Vinales sangatlah dekat. Jadi tampaknya Quartararo menunggangi Yamaha dengan cara yang bagus," ujarnya menambahkan.

Quartararo saat ini berada di peringkat keenam klasemen sementara MotoGP 2019 dengan poin 67 . Dia hanya berjarak lima poin dari gurunya, Valentino Rossi. Sedangkan Marquez masih nyaman di puncak klasemen dengan poin 160. [mus]