Sasis Baru Motor Marquez yang Masih Misterius

Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez
Sumber :
  • Twitter/@marcmarquez93

VIVA – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, dibekali sasis baru saat mengaspal di Sirkuit Sachsenring, dalam MotoGP Jerman, Minggu 7 Juli 2019. Menggunakan sasis baru sejak sesi latihan bebas hingga kualifikasi, Marquez merasakan ada perbedaan yang signifikan dengan motornya.

Sasis anyar Marquez memiliki keunggulan pada bahannya, yakni karbon fiber yang lebih ringan. Diakui Marquez, bobot motor tak terlalu berat.

Hanya saja, motor RC213V bisa menjadi lebih liar jika karakter sasisnya itu tak terlalu bisa dipahami. Sempat diuji di Montmelo, hingga sekarang Marquez belum paham betul seperti apa karakter sasis tersebut.

"Kami perlu informasi lebih banyak. Mengujinya lebih lama. Hanya saja, ada potensi tersembunyi dalam sasis baru ini yang perlu kami analisa lebih lanjut," ujar Marquez dilansir Crash.

Sementara, di sesi balapan MotoGP Jerman, Marquez akan memakai sasis lama. Dia tak mau ambil risiko dengan memakai yang baru karena bisa saja hal tak diinginkan terjadi.

Dari apa yang dirasakan The Baby Alien, sasis baru tersebut memiliki potensi untuk membuatnya celaka.

"Benar, dengan sasis baru kami lebih cepat. Tapi, kami tak mengerti apa yang terjadi di jarak tertentu. Apakah aman setelah dipakai di 30 putaran secara beruntun atau tidak. Bisa saja kami jatuh dan harus dihindari hal itu. Jadi kami akan kembali pakai yang lama dulu," kata Marquez.