Anies: Pemilihan Jakarta Sebagai Host Formula E Lewat Diskusi Panjang

Anies Baswedan bersama CEO FIA Formula E
Sumber :
  • instagram

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengumumkan bahwa Jakarta jadi salah satu kota yang terpilih untuk menjadi tuan rumah balap mobil Formula E. Anies memberikan kabar ini melalui akun instagramnya @aniesbaswedan.

Pada pagi ini, Anies juga mengunggah sebuah foto kebersamaannya dengan para petinggi Formula E yakni Alejandro Agag, CEO FIA Formula E, dan Alberto Longo, Co-Founder dan CCO FIA Formula E. Sebagai keterangan foto, Anies mengungkapkan bahwa ada proses diskusi yang panjang sebelum Jakarta terpilih menjadi tuan rumah Formula E. 

"Kita berdiskusi dan saling lempar ide hingga lebih dari 3 jam dan baru berhenti karena sudah ada aba-aba bahwa pertandingan akan dimulai. Kita pun lalu bergegas ke lintasan balap," kata Anies dalam keterangan foto yang dikutip Vivanews, Senin, 15 Juli 2019.

Anies mengungkapkan sempat meninjau lintasan balap Formula E di Brooklyn, New York, sebelum balapan dimulai. Mantan Mendikbud itu juga sempat menyapa para pembalap sebelum start.

"Mereka (Agag dan Longo) mengenalkan dengan tim peserta dan pembalapnya. Beberapa pembalap kenamaan ada di sana. Saat kami menyapa, mereka semua sudah berjajar siap masuk ke mobil," ujarnya

Menurut Anies, Formula E nantinya tidak digelar di sirkuit, melainkan akan dilakukan di jalan-jalan Ibu Kota. Formula E pada 2020 nanti, akan menjadi ajang balap mobil elektrik (E-Prix) pertama yang digelar di Indonesia.

"Formula E adalah ajang balap mobil elektrik (E-Prix) pertama di dunia. Dengan tujuan memperkenalkan mobil listrik dan mengurangi emisi karbon melalui balapan yang serupa Formula 1, dilakukan di jalur jalanan dalam kota," ujarnya. (one)