Jalan Sekitar Kawasan Monas Jadi Opsi Lintasan Formula E Jakarta 2020

Anies Baswedan bersama CEO FIA Formula E
Sumber :
  • instagram

VIVA – Jakarta terpilih untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Formula E pada Tahun 2020. Untuk itu, saat ini Ibu Kota tengah mempersiapkan jalan mana saja yang menjadi lintasan formula E tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan ada dua alternatif lintasan yang akan digunakan untuk ajang balap mobil bergengsi Formula E. Yakni jalan yang ada di sekitar Gambir dan kawasan Monas Jakarta Pusat.

"Kemarin itu dari penyelenggara ada dua alternatif yang diambil. Pertama, jadi pit stopnya itu di Monas, belakangnya Stasiun Gambir. Dari monas kemudian masuk ke Jalan Ridwan Rais kemudian masuk ke Tugu Tani. Berputar di Tugu Tani, kembali masuk ke Ridwan Rais kemudian belok kiri di Merdeka Selatan. Opsi kedua ada di silang Monas," kata Syafrin, saat dikonfirmasi, Selasa 16 Juli 2019

Rute alternatif yang menjadi usulan, adalah rute Monas, menuju Jalan Ridwan Rais-Tugu Tani-Jalan Ridwan Rais-Medan Merdeka Selatan- berputar lagi di depan Wisma Antara, ke arah Kedubes AS-dan kembali ke Monas.

Sebenarnya, DKI mengajukan lima opsi rute untuk lintasam Formula E. Namun dari penyelenggara mendesainnya hanya dua rute saja dan saat ini masih dalam pembahasan untuk rute tersebut.

"Sebenarnya mengusulkan 5 rute. Tapi kemudian dari penyelenggara mendesain 2. Visiblenya 2 itu hanya kan mereka bahas di sana. Dari situ tentu kira-kira apa yang bisa disetujui kita akan mengikuti usulan mereka. Dari penyelenggara," ujarnya

Terkait kondisi jalanan di Jakarta, pihak penyelenggara juga sudah melakukan survei. Pada tanggal 8 Juli 2019 lalu, penyelenggara telah datang ke Jakarta untuk melihat secara langsung kondisi Jakarta.

"Tanggal 8 Juli itu, pihak panitia sudah datang dan sudah melakukan survei. Survei terkait lintasan yang nantinya akan digunakan sebagai ajang Formula E. Dua alternatif itu yang kemarin mereka survei di sana, kemudian mereka akan bawa ke forum penyelenggaranya," ujarnya

DKI sendiri saat ini masih menunggu dari pihak Formula E opsi rute mana yang akan dipilih. Dari situ baru akan mulai menyusun anggaran yang dibutuhkan untuk melakukan persiapan.

"Kami masih menunggu dari penyelenggara karena masih belum konfirmasi rute yang fix akan digunakan apa, baru setelah itu apa akan pembahasan anggarannya seperti apa," ujarnya