Rahasia Marc Marquez Lebih Jarang Kecelakaan

Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez
Sumber :
  • Twitter/@marcmarquez93

VIVA – Pembalap Honda, Marc Marquez, mengalami perubahan drastis musim ini. Dia lebih jauh dari kecelakaan. Apa rahasianya?

Pada dua musim sebelumnya, catatan kecelakaan yang dialami Marquez sangatlah tinggi. Musim lalu, pembalap asal Spanyol ini jatuh sebanyak 23 kali. Jumlah itu enam kali lebih banyak dibandingkan Cal Crutchlow dan Jack Miller yang sama-sama jatuh di 17 kesempatan.

Musim 2017 malah lebih parah. Pembalap 26 tahun ini mengalami 27 kali kecelakaan. Jumlah tersebut membuatnya jadi pembalap dengan kecelakaan terbanyak dalam dua musim beruntun.

Beruntung, semuanya berubah di musim 2019. Hingga paruh musim pertama, Marquez baru jatuh di enam kesempatan. Dan hanya satu di antaranya ketika balapan, saat mengaspal di MotoGP Amerika Serikat.

"Sepertinya musim ini terbantu sasis. Mungkin kami menurun di beberapa poin, tapi juga meningkat di hal lainnya yang mana adalah poin kritis saya," kata Marquez dikutip Motorsport.

"Kami juga lebih banyak kekuatan di mesin. Jadi, kondisi itu membuat saya lebih aman di zona pengereman," lanjut dia.

Ditambahkan Marquez, rahasia lainnya adalah dengan menambah fokus ketika membalap. Itu sangat membantu untuk mengurangi error selama balapan.

"Jika sangat konsentrasi pada motor, Anda bisa terhindar dari banyak kecelakaan. Saya sedikit terjatuh (musim ini), tapi jika Anda hitung berapa banyak saya selamat, karena konsentrasilah saya jadi jarang terjatuh," jelasnya.

Atas prestasinya itu, rekan setim Jorge Lorenzo ini dengan nyaman berada di puncak klasemen sementara MotoGP dengan koleksi 185 poin. Dia unggul 58 poin atas Andrea Dovizioso di posisi kedua. (one)