Penasaran, Berapa Sih Konsumsi BBM Motor Balap MotoGP

Pembalap MotoGP.
Sumber :
  • www.motogp.com

VIVA – Ajang balap MotoGP pekan ini akan digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Austria. Sirkuit tersebut memiliki panjang 4,3 kilometer, dan memiliki 10 tikungan.

Total jarak tempuh yang dilalui pembalap yakni 120 kilometer. Untuk melakukan hal itu, mereka harus melewati garis sebanyak 28 kali.

Tahun lalu, pembalap tercepat di Red Bull Ring adalah Andrea Divizioso. Dengan menunggangi motor Ducati bermesin empat silinder 1.000cc, ia berhasil melesat hingga kecepatan 315,8 km per jam.

Berdasarkan penelusuran VIVA di laman resmi MotoGP, Jumat 9 Agustus 2019, setiap motor yang ikut lomba hanya diperbolehkan membawa 22 liter bahan bakar minyak.

Setiap tim tentu ingin memaksimalkan sumber energi yang disimpan di dalam tangki. Kalau perlu, mereka cukup menyisakan beberapa tetes BBM saja ketika motor melintasi garis finish, sebagai syarat untuk pengambilan sampel oleh panitia.

Dengan total jarak tempuh 120 km dan 22 liter BBM di daam tangki, maka tiap satu liternya digunakan untuk menempuh jarak 5,45 km. Konsumsi bahan bakar tersebut setara dengan mobil jip yang mengusung mesin 4.000cc.

Sebagai informasi, salah satu syarat penyelenggaraan balap MotoGP adalah, jarak tempuh total satu lomba minimum 95 km, dan maksimum 130 km. Sirkuit Silverstone di Inggris menjadi yang paling panjang, yakni 5,9 km. Sachsenring di Jerman menjadi yang terpendek, dengan jarak 3,6 km untuk satu putaran.