Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 22 Agustus 2019 | 14:02 WIB

Balap Slalom Mobil F1 dan Motor Balap, Siapa Juara?

Team VIVA »
Krisna Wicaksono
Foto :
  • crash.net
Pelindung kokpit di mobil F1 Red Bull

VIVA – Kejuaraan balap umumnya digelar dengan jenis kendaraan yang sama. Namun, banyak juga yang penasaran, apa jadinya jika lomba dilakukan dengan dua alat transportasi yang berbeda jenisnya.

Hal itu yang kerap dilakukan oleh dua mantan pembalap, David Coulthard dan Guy Martin. David dikenal sebagai mantan jawara balap Formula 1, sementara Guy adalah pembalap motor yang kerap terjun di kelas berbeda.

Baca Juga

Dilansir dari Jalopnik, Kamis 22 Agustus 2019, keduanya baru-baru ini menggelar kompetisi unik. Tujuannya bukan untuk mencari pemenang, melainkan menghibur penonton dan memuaskan rasa ingin tahu soal kendaraan mana yang lebih baik.

Jika sebelumnya mereka adu cepat di lintasan lurus, maka kali ini duel dilakukan di arena slalom. David mengemudikan mobil F1 milik Red Bull Racing, sementara Guy mengendarai motor BMW yang dipakai di ajang balap Superbike.

Terpopuler

Baca juga: Demi Neymar, Madrid Siap Lepas 3 Pemain Plus Rp1,5 Triliun

Secara dimensi, keduanya jelas berbeda. Begitu pula dengan bobotnya. Sebagai gambaran, motor yang dikendarai Guy memiliki bobot 170 kilogram. Berat mesin mobil F1 saja sudah 93 kilogram, belum lagi rangka dan bahan bakar.

Yang pertama mendapat giliran adalah David. Mengandalkan kemampuan menggelincir dengan cara mengurangi traksi ke roda belakang, ia menyelesaikan slalom dengan waktu 12 detik.

Lalu, tiba giliran Guy. Secara teori, motor memiliki jarak roda lebih pendek dari mobil, sehingga manuver di ruang sempit bisa dilakukan dengan mudah. Namun, ia harus menjinakkan tenaga buas dari motor balap tersebut. Lalu, siapa pemenangnya? Lihat jawabannya melalui video di bawah ini:

(ann)

Topik Terkait