Viral Tagar #TolakBalapMobilGBK, Kamu Setuju?

Tangkapan layar video balap mobil di GBK
Sumber :
  • Twitter@RezaPuspo

VIVA – Akhir pekan kemarin, warganet dibuat heboh oleh sebuah video yang viral beredar di dunia maya. Video tersebut memperlihatkan, beberapa mobil saling adu cepat di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Satu mobil berwarna merah tampak melaju dari arah kanan ke kiri, sementara mobil satu lagi berjenis hatchback dengan grafis khas balap menyusul tak lama kemudian.

Adanya hal itu membuat warga Jakarta kaget. Sebab, selama ini mereka menganggap bahwa GBK adalah kawasan yang digunakan untuk olahraga tanpa mesin.

Berdasarkan informasi yang beredar, dilansir dari VIVAnews, Senin 23 September 2019, mobil-mobil itu rupanya bagian dari rencana digelarnya acara GBK Race! Time Attack Challenge.

Perlombaan itu akan diadakan pada 4-6 Oktober 2019. Tayangan video yang jadi viral, adalah saat panitia melakukan sesi uji coba.

"Kegiatan yang viral itu sedang uji coba di siang hari. Bukan balapan betulan. Cek lintasan dulu," ujar Pusat Pengelola Kawasan GBK, Winarto.

Pengunggah video, Reza Puspo mengajak warga Jakarta untuk menolak digelarnya acara tersebut. Menurut dia, GBK adalah kawasan olahraga yang ramah lingkungan.

Setiap hari, banyak masyarakat yang memanfaatkan lokasi tersebut untuk berolahraga ringan, mulai dari jalan kaki, lari hingga bersepeda.

Dengan menggunakan tagar #TolakBalapMobilGBK, Reza membuat petisi di Change.org. Hingga saat ini, sudah lebih dari tiga ribu orang meneken petisi tersebut.