Kerennya Klinik MotoGP, Pelayanan Setara Rumah Sakit

Clinica Mobile
Sumber :
  • Boxrepsol

VIVA – Balap adalah olahraga yang memiliki risiko tinggi. Dalam sepersekian detik, pembalap bisa mengalami cedera serius, bahkan hingga kehilangan nyawa.

Meski mereka sudah mengenakan berbagai macam perlengkapan yang bisa melindungi tubuh, namun tidak ada jaminan 100 persen semuanya akan baik-baik saja.

Jika terjadi kecelakaan, maka tim medis harus bisa berada di lokasi dalam waktu sangat cepat. Sayangnya, tidak semua sirkuit jaraknya dekat dengan rumah sakit.

Itu sebabnya, seorang dokter dari Italia bernama Claudio Costa memutuskan untuk mendirikan klinik bergerak. Dilansir dari Boxrepsol, Jumat 27 September 2019, klinik tersebut mulai beroperasi pada 1977, tepat saat pembalap Franco Uncini mengalami kecelakaan serius.

Kala itu, Claudio hanya bermodalkan sebuah kendaraan yang disulap jadi ambulans. Beberapa tahun kemudian, wujudnya berubah menjadi truk kontainer yang di dalamnya berisi dua tempat tidur untuk perawatan.

Pada 1988, truk penyedia layanan medis yang ia beri nama Clinica Mobile itu sudah bisa menampung hingga lima pasien, dan dibekali dengan peralatan yang lebih lengkap. Pada 2002, wujudnya berubah menjadi trailer yang bisa dipindah dalam waktu singkat.

Kini, layanan yang diberikan Clinica Mobile setara dengan rumah sakit biasa, padahal ukurannya jauh lebih kecil. Tersedia ruang tunggu, ruang fisioterapi dan ruang trauma. Bahkan, semua ruang yang ada bisa diubah menjadi ruang bedah yang steril, jika diperlukan.

Claudio bukan orang asing di dunia balap. Ayahnya adalah penyelenggara balap internasional, dan menjadi salah satu pendiri dari Sirkuit Imola.