Ada yang Spesial dari Ban untuk Balapan MotoGP Thailand

Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Thailand
Sumber :
  • VIVA/Donny Adhiyasa

VIVA – Ajang MotoGP akan kembali digelar di Sirkuit Chang, Thailand akhir pekan ini. Para pembalap sudah mengetahui, bahwa ada yang spesial dari sirkuit tersebut.

Tujuh dari 12 tikungan di aspal sepanjang 4,55 kilometer yang tersedia, mengarah ke sisi kanan. Beberapa bisa dilalu dengan kecepatan cukup tinggi. Hal itu menjadi catatan tersendiri, bagi penyedia ban resmi MotoGP, Michelin.

Pabrikan ban asal Prancis tersebut, dilansir dari Crash, Kamis 3 Oktober 2019, melihat bahwa karakter Sirkuit Chang mirip dengan Srikuit Red Bull Ring di Austria.Oleh sebab itu, mereka menyediakan tipe ban yang sama.

Berbeda dari ban pada umumnya, karet bundar untuk Sirkuit Chang dibuat asimetris dalam hal kekuatannya. Jadi, sisi kanan akan memiliki spesifikasi berbeda dari sisi kiri, lebih keras di kanan.

Dengan cara tersebut, maka pengendara tidak perlu khawatir kompon sisi kanan ban akan menipis lebih cepat dari sisi kiri. Hasilnya, mereka bisa memacu motor dengan kecepatan yang konsisten sepanjang lomba.

Selain itu, Michelin juga mengantisipasi turunnya hujan di negara tropis tersebut. Awalnya, mereka memprediksi bahwa akan turun hujan saat lomba digelar tahun ini. Namun ternyata, ramalan cuaca menunjukkan aspal sirkuit bakal terasa panas.

Sebagai informasi, MotoGP Thailand tahun ini akan menjadi penentu, apakah Marc Marquez menjadi juara dunia atau ia masih harus berjuang hingga putaran terakhir. Jika finis di urutan pertama, maka ia memegang gelar tersebut sebanyak enam kali berturut-turut.