5 Motor Balap MotoGP Terkencang Sepanjang Masa

Pembalap MotoGP Ducati, Andrea Dovizioso
Sumber :

VIVA – MotoGP identik dengan jajaran sepeda motor yang memiliki performa tinggi. Setiap bagian dari motor dibuat seringan dan sekuat mungkin, agar bisa dipacu kencang di lintasan balap.

Dalam sejarah MotoGP, kuda besi rancangan Ducati menjadi yang paling sering menjadi perhatian. Tim asal Italia itu berhasil membuat sepeda motor, yang bisa melaju lebih cepat dari motor-motor buatan Jepang.

Namun, kecepatan bukanlah segalanya. Para pembalap Ducati harus mengorbankan kecepatan mereka di tikungan, demi mendapatkan performa puncak di lintasan lurus.

Dilansir dari laman MotoGP, Sabtu 12 Oktober 2019, ada lima motor balap yang tercatat paling tinggi kecepatan maksimumnya. Semua angkanya berada di atas 350 kilometer per jam.

Uniknya lagi, semua catatan kecepatan itu diukir di lintasan yang sama, yakni Mugello, Italia. Sirkuit yang total panjangnya 5,2 kilometer ini, memiliki jalur lurus 1,1 kilometer, sehingga para pembalap bisa memutar tuas gas maksimal selama beberapa detik.

Sirkuit Mugello adalah milik pabrikan pembuat mobil sport, Ferrari. Saat tidak menggelar balap, sirkuit ini digunakan sebagai tempat pengujian mobil baru mereka. Mugello juga dinobatkan sebagai sirkuit MotoGP paling kencang.

Lantas, siapa saja yang mencetak rekor terkencang sepanjang masa di sirkuit ini? Berikut daftarnya:

Andrea Dovizioso (2018; Ducati) - 356,5 kilometer per jam

Danilo Petrucci (2018; Ducati) - 355,8 kilometer per jam

Michele Pirro (2018; Ducati) - 355,2 kilometer per jam

Andrea Iannone (2016; Ducati) - 354,9 kilometer per jam

Michele Pirro (2017; Ducati) - 354,7 kilometer per jam