Spurs Pensiunkan Jersey 20 Milik Ginobili

Emanuel 'Manu' Ginobili saat masih membela San Antonio Spurs
Sumber :
  • Instagram/@manuginobili

VIVA – Emanuel "Manu" Ginobili memang sudah resmi pensiun dari dunia basket profesional pada 2018 lalu. Hampir setahun meninggalkan olahraga yang membesarkan namanya, sekarang giliran kostum kebesaran bernomor 20 ikut pensiun.

Menurut data NBA.com, manajemen Spurs lah yang memutuskan untuk memensiunkan kostum 20 milik Ginobili. Momen ini akan dilaksanakan pada saat Spurs berhadapan dengan Cleveland Cavaliers dalam laga lanjutan NBA 2018/2019 di AT&T Center, 29 Maret 2019 WIB.

Selain itu, Spurs juga menghadirkan mantan rekan Ginobili di Timnas Bola Basket Argentina seperti Alejandro Montecchia, Andres Nocioni, Fabricio Oberto, Pablo Prigioni, Pepe Sanchez, dan Luis Scola. Termasuk Ginobili, keenam pemain tersebut adalah bagian dari generasi emas Timnas Bola Basket Argentina.

"Hari ini, San Antonio Spurs mengumumkan bahwa enam anggota generasi emas Tim Nasional Argentina akan berdiskusi di lapangan AT&T Center selama beberapa saat, dalam pertandingan Spurs vs Cavaliers. Ini adalah bentuk perayaan dari pensiunnya kostum (20) Manu Ginobili," bunyi pernyataan manajemen Spurs.

Sepanjang kariernya di NBA, Ginobili hanya membela Spurs. Sepanjang 16 tahun kiprahnya bersama Spurs, Ginoboli tampil dalam 1275 pertandingan baik di regular season maupun di fase playoff. Selain itu, Ginobili juga memiliki persentase 21,5 point per game.

Ginobili juga sukses mengantar Spurs meraih empat gelar juara NBA, masing-masing di 2003, 2005, 2007, dan 2014. Performa apik pria 41 tahun ini juga pernah membawanya masuk dalam NBA All-Star pada 2005 dan 2011.(baw)