Jelang Playoff, 2 Jagoan Tua Pensiun dari NBA

Dua bintang NBA, Dirk Nowitzki (kiri) dan Dwyane Wade (kanan)
Sumber :
  • USA Today

VIVA – NBA musim 2018-19 segera memasuki babak playoff. Jelang babak penentuan itu, 2 bintang NBA, Dirk Nowitzki dan Dwyane Wade, mengumumkan pensiun.

Nowitzki mengonfirmasi akan melakoni laga terakhir bersama Dallas Mavericks kontra Phoenix Suns. Dan Wade juga memastikan laga melawan Philadelphia 76ers jadi laga terakhirnya bersama Miami Heat.

Wade saat ini sudah berusia 37 tahun dan telah menghabiskan 16 musim di ajang NBA. Bintang kelahiran Illinois ini memulai kariernya di ajang NBA pada 2003 bersama Heat. Sepanjang kariernya, Wade pernah tiga kali membawa Heat juara NBA pada 2006, 2012, dan 2013.

Guard bertinggi badan 1,93 meter ini juga pernah 13 kali masuk NBA All-Star, periode 2005 hingga 2019. Hampir 16 musim berlaga di kompetisi regular, Wade mencatat rata-rata 16,5 point per game. Saat 13 kali menembus playoff, Wade mencatat 22,3 point per game.

Jelang laga Heat kontra SIxers, Wade bersama sang putra, Zaire, memberikan salam perpisahan cukup emosional di AmericanAirlines Arena.

"Saya duduk di siini sebagai orang yang paling bersyukur di negara ini, untuk bermain di pertandingan terakhir saya di lantai ini. Saya tidak menangis saat ini. Karena, saya sangat gembira. Tapi, dengan begitu, saya akan membutuhkan waktu dan membiasakan diri (saat pensiun)," ujar Wade dikutip situs resmi Heat.

Nowitzki Juga Pensiun

Dalam laga lainnya di American Airlines Center, momen emosional juga terlihat saat Nowitzki juga memainkan laga terakhirnya. Pemain berpaspor Jerman ini juga memutuskan pensiun di usia 40 tahun, setelah menghabiskan 21 musim bersama Mavericks.

"Seperti yang kalian duga, ini jadi pertandingan kandang terakhir saya. Sebuah perjalanan yang luar biasa, dan terima kasih sudah datang ke sini," kata Nowitzki dikutip situs resmi Mavericks.

Sepanjang kariernya, Nowitzki pernah membawa Mavericks juara NBA pada 2011. Selain itu, forward bertinggi 213 cm ini juga pernah meraih gelar Pemain Terbaik alias Most Valuable Player (MVP) NBA pada 2007. Nowitzki juga pernah 14 kali masuk NBA All-Star periode 2002-2019.

21 tahun membela Mavericks, Nowitzki memiliki catatan 21,2 point per game di kompetisi reguler. Sementara itu, saat 15 kali bermain di babak playoff, Nowitzki mencatat 25,3 point per game.

Playoff NBA akan dimulai pada 13 April 2019. Kebetulan, Heat dan Mavs memang tidak lolos.

Satu kabar perpisahan lainnya adalah mundurnya legenda NBA, Magic Johnson, dari posisinya sebagai Presiden Operasional Los Angeles Lakers. Johnson sudah dua tahun menduduki posisi ini. Kegagalan Lakers menembus babak playoff disinyalir menjadi penyebab utama mundurnya Johnson. (one)