Perbasi Siapkan Pelatih Serbia Besut Timnas Basket Indonesia

Konferensi pers PP Perbasi terkait Kepala Pelatih Timnas Basket Indonesia
Sumber :
  • instagram.com/perbasi.ina/

VIVA – Menatap persiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket (FIBA World Cup) 2023 mendatang, tim nasional bola basket Indonesia bergegas berbenah demi mampu tampil bersaing dengan deretan negara-negara papan atas sejagat.

Federasi Bola basket Dunia (FIBA) mensyaratkan tim nasional putra indonesia harus mengejar ketertinggalan dari negara-negara peserta FIBA World Cup.

FIBA bersama  Perbasi sudah membuat “Action Plan” agar perkembangan timnas indonesia signifikan di tahun 2021 sehingga bisa dinilai mumpuni bersaing pada FIBA World Cup 2023 nanti.

“Salah satu cara adalah mengusulkan pelatih  berkualitas internasional untuk  meningkatkan level tim nasional bolabasket putra Indonesia,“ ungkap Sekjen PP Perbasi sekaligus penanggung jawab Action Plan 2021, Budisatrio Djiwandono.

“Kami mendapat usulan kandidat pelatih asal Serbia, coach Rajko Toroman untuk menangani timnas putra Indonesia," jelas Budi.

Toroman bukan pelatih sembarangan, dimana ia pernah menjabat asisten pelatih timnas Yugoslovia serta Kepala Pelatih Timnas U-22 Yugoslovia. Toroman juga sudah melanglang buana menangani tim Eropa dan Asia termasuk timnas Iran, Filipina dan Yordania.

Bersama coach Toroman, Iran berlaga di Olimpiade Beijing 2008, mengantar Filipina menjadi semifinalis FIBA Asia 2011. Pelatih yang pernah terlibat dalam NBA Summer ini juga membawa klub AL Manama menjadi juara Liga Bahrain.

Erick Thohir, anggota FIBA Central Board yang juga Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mendukung usaha percepatan peningkatan prestasi tersebut. “Perubahan demi perbaikan dan peningkatan prestasi salah satunya adalah dengan menggunakan pelatih asing berprestasi,” ungkap Erick Thohir.

Erick berjanji akan memberikan dukungan kepada Tim Merah Putih dalam berjuang di FIBA Asia 2021 Qualifier. “Untuk memperkuat dukungan, saya dan PP Perbasi  akan bersama-sama mencari sponsor dan media partner untuk tim nasional bola basket Indonesia,” ujar Erick, kandidat IOC member.

“Selain untuk SEA Games 2019 yang akan berlangsung di Manila, Filipina pada bulan Desember mendatang, juga kualifikasi FIBA Asia 2021 bisa menjadi ajang pemanasan bagi Indonesia yang akan menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 bersama Filipina dan Jepang,” jelas Erick.