Pensiun, Chris John Ingin Cari Penerusnya di Atas Ring Tinju

Chris John vs Satoshi Hosono
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA – Kecintaan Chris John terhadap dunia tinju tak luntur. Meski sudah pensiun, salah satu petinju terbaik yang pernah dimiliki Indonesia itu masih ingin berkecimpung di olahraga adu pukul tersebut.

Namun, caranya berbeda. Chris John tak mau bertarung. Melainkan, dia ingin mencari bibit tinju terbaik untuk diasahnya demi bisa berkiprah di level internasional.

Lewat Chris John Foundation (CJF), pria berjuluk The Dragon tersebut berharap ada petinju muda yang mampu membawa harum nama Indonesia di level Internasional. Sebab, menurut Chris John,  tinju nasional saat ini sangat minim prestasi di kancah internasional.

Chris John mengungkapkan, setelah eranya Ellyas Pical hingga Daud Jordan, Indonesia tidak lagi mempunyai juara dunia tinju baru yang bisa membuat bangga serta menginspirasi anak-anak Indonesia.

"Bukan hanya tidak mempunyai juara dunia baru, tapi olahraga yang merakyat dan menjadi tontonan semua kalangan ini, sekarang benar-benar terpuruk," ujar Chris John, dalam keterangan resmi yang diterima VIVA, Sabtu 16 Maret 2019.

"Banyak petinju profesional beralih profesi dan meninggalkan dunia tinju karena mereka merasa tidak memiliki masa depan yang pasti," lanjutnya

Lebih lanjut Chris John menjelaskan, CJF untuk saat ini sudah membuka sasana di Surabaya untuk mencari, mencetak, serta membina, barisan petinju muda berbakat mulai dari usia 10 hingga 15 tahun.

Chris John juga akan menarik kembali pelatih, mantan pelatih, atlet tinju yang masih aktif maupun yang sudah pensiun dari arena ring tinju untuk diberdayakan kembali.

"Salah satu obsesi saya adalah menjadikan tinju sebagai salah satu industri kreatif yang menghasilkan buat semua orang, baik berupa materi maupun prestasi," jelas Chris John.