PRSI Maksimalkan Dana dari Pemerintah untuk Pelatnas SEA Games

Waketum PB PRSI Harlin Rahardjo (baju biru), Fadlan (hitam), Pelatih Dony B. Uto
Sumber :
  • Simone Castrovillari

VIVA – Gelaran SEA Games 2019, masih cukup lama. Namun, beberapa cabang olahraga sudah mempersiapkan diri. Salah satunya adalah cabang olahraga renang. 

Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI), Harlin Rahadjo mengatakan, untuk pelatnas saat ini sudah mulai sentralisasi. 

"Jadi, pelatnas kita sudah mulai disentralisasi. Tetapi, masing-masing atlet itu akan di-handle oleh pelatih pelatnas. Jadi, seperti di Bali sudah di-handle oleh David Armandoni. Kemudian di Jakarta ada Albert Susanto," kata Harlin di Stadion Akuatik, Rabu 27 Maret 2019. 

Namun, Harlin menyebutkan, adanya kesulitan soal dana pelatnas dari pemerintah. Harlin menyatakan, untuk pelatnas SEA Games, Pemerintah memberikan dana Rp9 miliar. 

"Kita kemarin, dapat info Kementerian Pemuda dan Olahraga hanya memberikan dana pelatnas Rp9 miliar. Jumlah tersebut, hanya seperlima dari yang kami ajukan," tambah Harlin. 

Meski dengan jumlah dana terbatas, namun Harlin tetap menegaskan, ia ingin pelatnas tetap berjalan dengan normal. 

"Jadi, yang penting itu atlet harus latihan secara continue, sesuai dengan program yang ditentukan. Dan, kita juga berpikir untuk try out yang juga sudah kita rencanakan berjalan sesuai rencana. Kita atur jumlahnya dan kita prioritas saja," jelas Harlin. 

"Kita sekarang, benar-benar akan mengajukan yang prioritas mendapatkan medali emas. Kita fokus dulu yang prioritas. Dan, kami juga sedang mencari sponsor," katanya.(asp)