Jelang Pemilu, PBSI Sibuk Cari TPS untuk Atlet Pelatnas Cipayung

Sekjen PP PBSI, Achmad Budiharto
Sumber :
  • VIVA / Ridho Permana

VIVA – Bangsa Indonesia tak lama lagi akan menggelar hajatan besar dalam perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan memilih Presiden dan Wakil Presiden serta anggota legislatif pada Rabu 17 April 2019 mendatang. Segenap komponen masyarakat pun menyambut antusias ajang pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Hal itu pula yang dilakukan pengurus PP PBSI yang akan memfasilitasi para penghuni Pelatnas Cipayung, baik itu atlet dan pelatih untuk tetap bisa mencoblos dan menyalurkan hak suaranya.

"Kami belum tahu, kami masih harus koordinasi dulu dengan masing-masing atlet. Apakah mereka terdaftar dimana dan kewajibannya seperti apa. Besok mungkin baru kami bicarakan TPS setempat," ungkap Sekretaris Jenderal PP PBSI, Achmad Budiharto kepada para wartawan, Senin 8 April 2019.

"Biasanya memang mereka diberi kesempatan untuk pulang kalau tak ada kegiatan. Kalau ada kegiatan maka nanti akan ditempatkan di tps setempat," jelasnya.

Kondisi tersebut tetap menjadi perhatian PBSI mengingat di hari pencoblosan tersebut aktivitas berlatih serta rutinitas para atlet dijadwalkan tetap aktif, meski nantinya hanya berlangsung setengah hari mulai siang hingga sore dan tidak menggelar latihan pada pagi harinya.

“Aktivitas pelatnas akan libur setengah hari di pagi saat waktu pencoblosan. Kalau Rabu itu kan jadwal pelatnas sebetulnya hanya latihan setengah hari. Jadi tak ada masalah sebetulnya. Pagi mereka latihan atau dibalik pagi nyoblos dulu baru sore latihan jadi tergantung pelatihnya menentukan programnya,” tegas Budiharto.

Dalam pemilihan anggota legislatif tahun 2019, sejumlah legenda bulutangkis nasional turut maju menjadi calon legislatif (caleg) dengan merapat ke berbagai partai politik seperti Hariyanto Arbi (Partai Solidaritas Indonesia), Icuk Sugiarto (Hanura) dan Ricky Soebagdja (Demokrat).