Gubernur Sumsel Ingin Tiket MXGP 2019 Sepaket dengan LRT

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru.
Sumber :
  • VIVA/Sadam Maulana (25-06-19)

VIVA – Kejuaraan dunia Motocross Grand Prix atau MXGP 2019 di Palembang, Sumatera Selatan, bakal dimanfaatkan sebagai ajang promosi moda transportasi Light Rail Transit (LRT).

Ditargetkan, pengguna moda transportasi pertama di Indonesia itu dapat meningkat saat perhelatan berlangsung di Kompleks OPI Mall, Jakabaring Palembang, pada 5-7 Juli 2019.

"Kita ingin fasilitas LRT bisa dimanfaatkan, baik untuk ofisial maupun penonton MXGP. Kita akan meminta agar perusahaan penyedia tiket dapat menjual satu paket dengan fasilitas LRT," kata Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru.

Keinginan orang nomor satu di Sumatera Selatan itu memang sangat wajar. Selain area venue yang dilintasi LRT, penonton yang ingin menyaksikan kejuaraan bergengsi dunia juga bisa terhindar dari kemacetan.

Dengan venue yang terletak di dalam area pusat perbelanjaan, potensi kemacetan sangat mungkin terjadi. Apalagi puncak penyelenggaraan berlangsung di akhir pekan.

Untuk itu, Herman Deru meminta agar tiket.com selaku sponsor utama dapat menjadikan LRT satu paket dengan tiket yang dibeli penonton. Sehingga penonton yang ingin menyaksikan kejuaraan tidak perlu menggunakan kendaraan pribadi.

"Bagi yang membawa kendaraan kita juga akan fasilitas shuttle bus. Jadi, tidak perlu parkir di dalam OPI Mall, bisa parkir di depan Kompleks Jakabaring Sport City. Dari sana bisa naik bus yang mengantar ke venue," jelas Herman Deru.

Tiket MXGP 2019 saat ini sudah bisa dibeli. Pembelian tiket dengan harga bervariasi, mulai dari Rp100 ribu hingga Rp1,6 juta. Harga ini dinilai Herman Deru sangat wajar. Sebab, MXGP merupakan kejuaraan level dunia.

Head of Comercial tiket.com, Andi Hendrawan, mengatakan tiket dijual dengan tiga kelas. Setiap kelas memiliki perbedaan harga yang cukup singnifikan karena keterbatasan fasilitas.

"Untuk tiket ada tiga kelas yakni festival, tribun dan VVIP. Harganya bervariasi. Untuk festival Rp100 ribu, tribun Rp400 ribu dan VIP Rp1,6 juta," kata Andi.

"Dengan harga terjangkau, penonton sudah bisa melihat make show internasional. Akan ada fasilitas yang diberikan, misal kelas festival walaupun berdiri dengan harga Rp100 ribu, sudah termasuk makan dan suvenir," tambah Yudi.