Perenang Bekasi Sumbang Medali Emas Kedua Indonesia di ASG 2019

Perenang muda, Adelia
Sumber :
  • Rebon/ VIVA

VIVA – Kontingen Indonesia berhasil meraih medali emas kedua di ajang ASEAN School Games (ASG) 2019, dari cabang olahraga renang. Adalah perenang muda, Adelia, yang sukses menyabet emas pertama buat Merah-Putih dalam pertandingan di gelanggang Olah Raga (GOR) Jatidiri, Semarang, Jumat 19 Juli 2019 WIB.

Turun di nomor 50 meter gaya dada, perenang berusia 15 tahun ini berhasil tampil maksimal dan mampu mengalahkan dua pesaingnya, Thanya Angeline De La Cruz (Filipina), serta Phurichaya Junyamitree (Thailand).

Adelia berhasil mencatat waktu tercepat 33,81 detik. Sementara itu, De La Cruz finis di posisi kedua dengan catatan waktu hanya terpaut 0,01 detik dari Adelia. Junyamitree menempati posisi ketiga dengan catatan waktu, 34,00 detik.

Sebelumnya, Indonesia sudah berhasil meraih satu medali perak di nomor 400 meter gaya bebas putra atas nama Joe Aditya.

Selain itu, Indonesia juga sudah mendapatkan dua medali perunggu atas nama Prada Hanan Farmadini dari nomor 400 meter gaya dada putri, serta Andi Muhammad Nurizka dari nomor 50 meter gaya dada putra.

Usai pertandingan atlet asal Kota Bekasi ini tak terlalu banyak memberikan komentarnya. Adelia hanya terus mengulang kata "bangga" atas keberhasilannya ini.

Adelia juga mengira bahwa medali emas yang disumbangkannya adalah yang pertama. Sebab, ternyata, emas yang dipersembahkan Adelia adalah yang kedua setelah Dewa Radika Sya mempersembahkan emas pertana dari cabang atletik di nomor lari 400 meter.

"Bangga pastinya, bisa memberikan medali emas yang pertama buat Indonesia. Tadi Filipina itu saingan beratnya, tapi akhirnya bisa menang. Bangga pastinya," ucap Adelia kepada wartawan.

Sementara itu, pelatih Tim Renang Indonesia, Deni Wardeni, akhirnya bisa tersenyum setelah Adelia berhasil memberikan emas. Sebab menurutnya, target dalam tiga nomor sebelumnya gagal dimaksimalkan.

"Ya, ini sesuai target. Soalnya tadi kan meleset. Di nomor 400 meter gaya bebas (putra dan putri) meleset. 50 meter putra juga meleset," kata Deni. (ren)