Klasemen Medali Renang ASG 2019, Indonesia Tertinggal dari Thailand

ASEAN School Games (ASG) 2019
Sumber :

VIVA – Cabang olahraga renang sudah rampung menggelar pertandingan di hari pertama ASEAN School Games (ASG) 2019. Setelah melewati laga final di 10 nomor yang dilombakan, Indonesia saat ini masih tertinggal dari Thailand.

Bertempat di Gelanggang Olah Raga (GOR) Jatidiri, Semarang, Jumat 19 Juli 2019, Tim Renang Indonesia berhasil merebut tiga medali emas, dari 10 nomor yang dipertandingkan di putaran final.

Emas pertama dari cabang renang disumbang oleh atlet renang putri, Adelia. Perenang berusia 15 tahun ini sukses menjadi yang terbaik saat turun di nomor 50 meter gaya dada.

Farrel Armando Tangkas kemudian menggandakan pundi emas Tim Renang Indonesia, setelah menjadi yang terbaik di nomor 400 meter gaya punggung.

Tak berhenti sampai di situ, kuartet Angel Gabriella Yus, Hanna Christina, Prada Farmadini, dan Philomena Balinda, kembali menambah perolehan emas dari cabang renang di nomor 4x200 meter relay gaya bebas.

Selain ketiga medali emas yang disumbang, Tim Renang Indonesia juga meraih dua medali perak yang didapat dari nomor gaya bebas 400 meter atas nama Joe Aditya, dan dari nomor relay 2x400 meter putra.

Kemudian, Tim Renang Indonesia juga mengoleksi tiga medali perunggu. Empat medali ini didapat Prada Farmadini di nomor 400 meter gaya bebas putri dan 100 meter gaya bebas putri, serta Andi Muhammad Nurrizka di nomor 50 meter gaya dada.

Dengan catatan ini, Indonesia masih berada di posisi kedua klasemen sementara perolehan medali cabang olahraga renang di bawah Thailand. Thailand berhasil memuncaki klasemen di hari perdana dengan catatan empat emas, empat perak, dan tiga perunggu.

Sementara itu, Malaysia berada di urutan ketiga dengan koleksi dua emas, dua perak, dan tiga perunggu. (ase)