Sabet 6 Emas di Hari Perdana ASG, Indonesia Sementara di Posisi Kedua

ASEAN School Games (ASG) 2019
Sumber :
  • Dokumen ASG2019/Kemenpora.go.id

VIVA – Kontingen Indonesia tampil cukup impresif di hari perdana gelaran ASEAN School Games 2019. Atletik dan renang jadi dua cabang olahraga yang berhasil menyumbang medali emas di hari perdana multievent pelajar se-Asia Tenggara, Jumat 19 Juli 2019 WIB.

Atletik jadi cabang yang pertama menyumbang emas buat Indonesia. Digelar di Gelanggang Olah Raga (GOR) Tri Lomba Juang, Semarang, Indonesia sukses menyabet medali emas di nomor lari 400 meter putra, atas nama Dewa Radika Sya.

Perenang putri Indonesia, Adelia, kemudian menggandakan perolehan medali emas setelah menjadi juara di nomor 50 meter gaya dada putri. Renang kemudian memperbesar pundi emas Indonesia, setelah Farrel Armando Tangkas menjadi yang terbaik di nomor 200 meter gaya punggung.

Atletik kemudian menambah dua medali emas lagi. Ahmad Hambali Sukur mampu memperbesar pundi emas setelah keluar sebagai pemenang di nomor lompat jauh putra.

Kuartet Adith Rico Pradana, Izrak Udjulu, Raden Roselin Fikananda, dan Erna Nuryanti, kemudian merebut medali emas kelima Indonesia di nomor lari estafet campuran 4x100 meter.

Kembali dari nomor beregu, renang memastikan medali emas pamungkas di hari perdana. Kombinasi Angel Gabriella Yus, Hanna Christina, Prada Farmadini, dan Philomena Balinda, jadi yang terbaik di nomor 2x400 meter putri.

Selain enam emas, Indonesia juga berhasil mengoleksi tiga perak dan enam perunggu. Meski demikian, catatan ini masih berada di bawah Thailand yang saat ini memimpin klasemen sementara perolehan medali ASG 2019, dengan raihan enam emas, tujuh perak, dan delapan perunggu.

Di posisi ketiga, berdiri kontingen Malaysia dengan koleksi empat emas, enam perak, dan dua perunggu.