ASG 2019, Renang Tambah 2 Emas Lagi

Perenang Indonesia Farrel Armandio
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aji Styawan

VIVA – Farrel Armando Tangkas berhasil menambah pundi emas bagi kontingen Indonesia di ajang ASEAN School Games (ASG) 2019. Perenang berusia 17 tahun ini berhasil menggandakan catatan emas setelah meraih podium tertinggi di nomor gaya dada 200 meter.

Bertanding di Gelanggang Olah Raga Jatidiri, Semarang, Farrel berhasil mengungguli dua pesaing terdekat Khiew Hoe Yean (Malaysia), dan Phillip Joaquin Santos (Filipina), Jumat 19 Juli 2019 WIB.

Farrel berhasil mencatat waktu tercepat 2 menit 04,08 detik. Catatan ini unggul jauh dari Hoe Yean yang membukukan waktu 2 menit 08,01 detik. Sementara itu, Santos harus puas berada di posisi ketiga dengan torehan 2 menit 09,30 detik.

Medali emas yang diraih Farrel jadi yang kedua diraih oleh Tim Renang Indonesia. Sebelumnya, perenang putri, Adelia, sukses mempersembahkan emas pertama di cabang olahraga renang, dari nomor 50 meter gaya dada.

Setelah Farrel, Tim Renang Indonesia kembali menambah pundi emasnya dari nomor relay 2x400 meter putri. Di nomor ini, kuartet Angel Gabriella Yus, Hanna Christina, Prada Farmadini, dan Philomena Balinda, juga berhasil mencatat waktu tercepat, 8 menit 36,95 detik.

Kuartet Indonesia unggul 0,40 detik dari tim Thailand di posisi kedua, dan terpaut 0,47 detik dari kuartet Malaysia yang finis di urutan ketiga.