Renang dan Atletik Berpeluang Tambah Emas Indonesia di ASG 2019

ASEAN School Games (ASG) 2019
Sumber :
  • Dokumen ASG2019/Kemenpora.go.id

VIVA – Cabang olahraga atletik dan renang, berpeluang besar untuk menambah pundi medali emas di ajang ASEAN School Games atau ASG 2019. Sabtu 20 Juli 2019. Atletik akan menggelar tujuh laga final di tujuh nomor, sedangkan renang akan melangsungkan final untuk 10 nomor.

Dimulai dari cabang atletik. Pada hari sebelumnya, Tim Indonesia sukses menyumbangkan tiga medali emas dari tiga nomor. Dewa Radika Sya jadi penyumbang emas pertama bagi kontingen Indonesia, setelah menjadi juara di nomor lari 400 meter putra.

Ahmad Hambali Sukur, kemudian menambah catatan emas dari atletik, setelah menjadi yang terbaik di nomor lompat jauh. Satu emas lainnya dari cabang ini disumbang oleh kuartet Adith Rico Pradana, Izrak Udjulu, Raden Roselin Fikananda, dan Erna Nuryanti, dari nomor lari mix 4x200 meter.

Pada hari ketiga, atletik akan kembali menggelar tujuh final di Gelanggang Olahraga (GOR) Tri Lomba Juang, Semarang. Tujuh nomor tersebut, yakni lompat jauh putra, tolak peluru putri, lompat jauh putri, lempar cakram putra, serta lari 100 meter putra dan putri.

Dari cabang renang, Tim Indonesia juga diprediksi kembali menambah koleksi emasnya. Di hari sebelumnya, renang juga berhasil menyumbang tiga emas. Emas pertama lahir dari nomor 50 meter gaya dada, atas nama Adelia.

Farrel Armando Tangkas, kemudian menggandakan catatan emas dari cabang renang di nomor 200 gaya punggung putra. Yang terakhir, kuartet Prada Farmadini, Angel Gabriella Yus, Fauziyyah Rahma, serta Febriana Wijayanti, juga sukses menyumbang emas setelah menjadi yang tercepat di nomor 4x100 meter relay putri.

Selanjutnya, akan ada 10 nomor lagi dari renang yang sudah memasuki putaran final. 10 nomor yang akan melangsungkan laga final 400 meter individual medley putra dan putri, 100 meter gaya kupu-kupu putra, 200 meter gaya bebas putri, 100 meter gaya punggung putra dan putri, 4x100 mix medley relay, 800 meter gaya bebas putra, serta 150 meter gaya bebas putri. (asp)